Pungkas Kabupaten Malang Segera Miliki RSUD

Pungkas Kabupaten Malang Segera Miliki RSUD dr Arbani, Kepala Dinkes Kabupaten Malang.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kecamatan Pujon, Kecamatan Ngantang, dan Kecamatan Kasembon (Pungkas) tidak lama lagi segera memiliki rumah sakit umum daerah (RSUD) tipe D. Hal ini diungkapkan dr Arbani, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, Kamis (31/3).

Menurutnya, RSUD tipe D yang akan dibangun di Kecamatan Ngantang tersebut akan memiliki 70 tempat tidur untuk rawat inap pasien.

"Sebab untuk rumah sakit tipe D syaratnya harus tersedia 50 sampai 100 tempat tidur. Sedang untuk tipe C harus tersedia 100 sampai 250 tempat tidur," ujarnya.

Sedangkan untuk tenaga medis yang dibutuhkan kurang lebih sebanyak 80 orang, termasuk empat dokter spesialis.

Adapun RSUD tersebut nantinya akan dibangun di Kecamatan Ngantang. Sebab, selama ini pungkas jauh dari rumah sakit. Karena itu, warga yang mengalami emergensi atau kedaruratan, khususnya untuk ibu melahirkan dan risiko kehamilan selama ini harus dilarikan oleh puskesmas.

"Untuk itu dokter spesialis yang kita prioritaskan adalah dokter spesialis kebidanan yang ditunjang oleh dokter spesialis anak," tukas Arbani.

Meski didirikan di Kecamatan Ngantang, RSUD ini nantinya juga dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat di luar Kabupaten Malang seperti Kecamatan Pare Kediri dan sekitarnya. "Termasuk warga masyarat Kota Batu pun juga bisa. Dengan demikian, setelah RSUD tersebut berdiri, kami berharap tidak ada lagi angka kematian ibu yang melahirkan,” tuturnya.

Arbani menambahkan, untuk sementara ini masih ada sedikit kekurangan terkait sarana dan prasarananya. Terutama lahan parkir yang belum memadai. "Akan tetapi hal ini sudah saya laporkan ke Pak Bupati, dan nanti apa petunjuk Pak Bupati akan kita tindak lanjuti," tutupnya. (thu/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO