Menlu Rusia Sebut Adolf Hitler Berdarah Yahudi, Menlu Israel Berang

Menlu Rusia Sebut Adolf Hitler Berdarah Yahudi, Menlu Israel Berang Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov. AP/Yves Logghe/Tempo.co

YERUSSALEM, BANGSAONLINE.com - Perseteruan dengan Rusia makin panas. Terlebih setelah Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov menyatakan bahwa pemimpin Nazi Adolf Hitler punya akar atau darah Yahudi. pun berang. minta Rusia minta maaf.

"Ini adalah pernyataan skandal yang tak termaafkan, kesalahan sejarah yang mengerikan, dan kami mengharapkan permintaan maaf," kata Menteri Luar Negeri Yair Lapid kepada situs berita YNet, dilansir dari Reuters pada Senin, 2 Mei 2022.

Seperti dilansir Tempo.co, saat wawancara dengan saluran Rete 4 Italia, Lavrov ditanya bagaimana Rusia dapat mengklaim bahwa misi mereka perlu "mendefikasi" Ukraina. Padahal, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, adalah orang Yahudi.

"Ketika mereka mengatakan 'Nazifikasi macam apa ini jika kita adalah orang Yahudi', saya pikir Hitler juga memiliki asal-usul Yahudi, jadi itu tidak berarti apa-apa," kata Lavrov, berbicara melalui penerjemah Italia.

"Sudah lama kita mendengar orang-orang Yahudi yang bijak mengatakan bahwa anti-Semit terbesar adalah orang-orang Yahudi itu sendiri," tambahnya.

Menurut Lavrov, Zelensky dapat mempromosikan perdamaian antara negara bagian, jika dia berhenti memberi perintah kepada pasukan Nazi yang berbatasan dengan kejahatan.

(Menteri Luar Negeri Yair Lapid berpidato saat peresmian Kedutaan Besar di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), Selasa (29/6/2021). (SHLOMI AMSALEM/GOVERNMENT PRESS OFFICE via AP PHOTO/Kompas.co)

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO