Antisipasi PMK, DKPP Jember Terjunkan 95 Petugas di 8 Pasar Hewan

Antisipasi PMK, DKPP Jember Terjunkan 95 Petugas di 8 Pasar Hewan Petugas DKPP Jember saat berjaga di salah satu pasar hewan.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Jember mengerahkan puluhan petugas untuk mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku () pada hewan. Terdapat 95 personel dari yang bersiaga di 8 pasar hewan.

Kepala DKPP, , memaparkan ciri-ciri pada sapi yang terjangkit . Secara umum, sapi yang sedang terpapar dapat dilihat langsung pada fisiknya

"Awal mula yang jelas, sapi demam tinggi, kalau dites suhunya bisa 40 derajat dan lebih. Untuk Jember uji labnya ke Malang," ujarnya, Senin (23/5/2022).

Adapun ciri-ciri sapi yang terpapar yakni, sapi tidak mau makan dan pangkal kakinya terlihat pecah-pecah serta diiringi dengan gusi dan lidah yang mengalami luka seperti sariawan, sehingga mulut mengeluarkan buih dan liur yang berlebih.

Puluhan petugas berada di Pasar Hewan Kalisat, Mayang, Ambulu, Tempurejo, Ajung, Rambipuji, Kencong, dan Sumberbaru. Mereka bertugas pada jam-jam operasional pasar hewan.

Ia menuturkan, sapi yang tidak tertangani saat terpapar akan segera mati. Oleh sebab itu, Andi meminta agar masyarakat segera melapor pada petugas Dinas KPP Jember yang bersiaga di pasar hewan jika mengetahui sapi yang dengan ciri-ciri terjangkit .

"Kalau ada yang terindikasi segera melapor, agar segera ditangani,” pungkasnya. (yud/bil/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Plt Bupati Nganjuk Launching Vaksin PMK di Loceret':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO