DPUPR Mojokerto Siapkan Tiga Skema Atasi Ambrolnya Jembatan Talun-Brak

DPUPR Mojokerto Siapkan Tiga Skema Atasi Ambrolnya Jembatan Talun-Brak Jembatan Talun-Brak yang rusak akibat diterjang banjir.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Mojokerto menyiapkan sejumlah skema mengatasi ambrolnya Jembatan Talun-Brak, Desa Talun Blandong, Kecamatan Dawarblandong. Akses tunggal dua dusun ini porak-poranda akibat dihantam banjir pada 9 November 2021 lalu.

Pemkab Mojokerto sendiri tak bisa berbuat banyak mengatasi bencana tersebut. Pasalnya, jembatan tersebut berstatus aset desa, bukan milik pemkab.

Untuk mengatasi persoalan itu, menyiapkan sejumlah skema yakni dengan melakukan perkuatan sementara pada tiang.penyangga jembatan yang melintang di atas Kali Lamong tersebut. DPUPR juga mengajukan pembiayaan kepada Kementerian PUPR. Di pihak lain, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat mengajukan akses anggaran ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Kita menyiapkan skema perkuatan sementara dengan memanfaatkan potensi material yang ada di PU. Disopak pakai besi-besi. Diluruskan dengan alat berat bego," tutur Kepala DPUPR Kabupaten Mojokerto Renaldi didampingi Hendri Surya, Kabid Bina Marga DPUPR setempat, Jumat (17/06/2022).

Menurutnya, selain tak menganggu , skema tersebut dianggap paling memungkinkan dilakukan dalam waktu dekat. "Kita tak bisa menganggarkan rehab dengan kecuali sistem hibah. Dan itu tidak mungkin karena untuk membangun jembatan tersebut butuh Rp 7 miliar, dan nilainya terlalu besar untuk hibah," jelasnya lebih lanjut.

Renaldi mengungkapkan, meski disopak namun tetap aman. "Dari sisi keamanan ya aman karena hanya dilewati roda dua," tandasnya.

Ia menambahkan, pihaknya akan menggunakan alat berat untuk meluruskan tiang jembatan yang bengkok. Tiang penyangga tersebut akan ditarik dengan alat berat dan disopak dengan menggunakan besi yang ada di PU.

Walau demikian, langkah tersebut bukan tanpa kendala. "Pelaksanaan menunggu musim kemarau, karena debit air sangat deras. Sekuat-kuatnya jembatan yang menggunakan tiang tengah berpotensi cepat rusak karena kuatnya sampah selama ada peningkatan debit air," tuturnya.

Persoalan itu telah didiskusikan antara Bupati, Sekda, Kadis PU, dan .

Sebelumnya, rencana pembangunan jembatan direncanakan menggunakan sistem . Namun demikian, setelah dikaji tim ahli dari , pembangunan secara teknis tidak akan bertahan lama, karena kerangka jembatan terbuat dari besi yang berat sehingga dikhawatirkan tali tidak akan bertahan lama. (yep/ari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Jembatan Gantung di Desa Putren Nganjuk Dibangun Tahun ini':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO