Ciptakan Masyarakat Sehat, Dinkes-PPKB Kota Madiun Deklarasikan STBM Tingkat Kecamatan

Ciptakan Masyarakat Sehat, Dinkes-PPKB Kota Madiun Deklarasikan STBM Tingkat Kecamatan Wali Kota Madiun, Maidi, saat mendeklarasikan STBM tingkat kecamatan. Foto: HENDRO SUHARTONO/BANGSAONLINE

KOTA MADIUN, BANGSAONLINE.com - Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (Dinkes-PPKB) Kota melakukan deklarasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) tingkat kecamatan. Ini dilakukan agar masyarakat di wilayahnya selalu sehat pascapandemi Covid-19.

"Sehat itu harus menyeluruh. Manusia tidak sehat itu karena dirinya sendiri," kata Wali Kota , Maidi, Jumat (24/6/2022)

Ia turut menggambarkan salah satu pola kehidupan manusia yang tidak tertib, sehingga bisa memicu gangguan kesehatan manusia maupun lingkungan

"Kalau tidak sehat itu kita lihat dari kehidupan yang tidak tertib. Maka hari ini deklarasi 5 pilar hidup tertib dan sehat, akhirnya semua sehat," ujarnya.

Indikator sehat menurut Maidi sangatlah sederhana, yakni jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit menurun. Selain itu, ia berharap ekonomi bisa meningkat karena warga Kota selalu sehat.

"Kita bisa liat nanti occupancy rumah sakit turun. Dan itu bisa kita lihat juga perbandingan dengan nilai hasil ekonomi masyarakat. Pasti akan meningkat," pungkasnya.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Dinkes-PPKB Kota , Denik Wuryani. Ia mengatakan bahwa meningkatnya kesehatan masyarakat berawal dari setiap individu.

"Kita ada 5 pilar STBM, di mana basisnya masyarakat, pemerintah, akan mendukung kebutuhan masyarakat dan akan kembali ke masyarakat seperti yang disampaikan bapak (wali kota) tadi," ucap Denik

Ia juga memaparkan tentang 5 pilar STBM, yakni stop buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum/makanan rumah tangga, pengelolaan sampah rumah tangga dengan aman, dan pengelolaan limbah cair rumah tangga dengan aman. Sehingga semua pilar tersebut juga membutuhkan kerjasama dengan dinas lainnya. (dro/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO