Wabup Lamongan Berangkatkan 74 Vaksinator PMK, Targetkan 7.000 Dosis Vaksin

Wabup Lamongan Berangkatkan 74 Vaksinator PMK, Targetkan 7.000 Dosis Vaksin Wabup Rouf menyalami para petugas vaksin saat memberangkatkan mereka di halaman Kantor Disnakeswan Lamongan.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com -  memberangkatkan sebanyak 74 untuk melakukan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan dengan target 7.000 dosis di wilayahnya.

Vaksinator yang terdiri dari dinas, dinas non , IB, non dinas, Mahasiswa Universitas Brawijaya, dan Mahasiswa FKH Unair itu mendapat pembekalan saat melakukan apel pemberangkatan di halaman Kantor Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Lamongan, Selasa (28/6/2022).

Wabup Rouf menuturkan bahwa lokasi terpilih yang akan dilakukan PMK pada hewan ialah desa yang memiliki populasi sapi tinggi. Lokasi pertama yang akan dituju adalah Desa Bluluk dengan kuota 1.500 dosis vaksin, dan besok dilanjutkan ke Desa Ngimbang, Desa Kedungpring, dan Desa Sugio.

Pada kesempatan tersebut, ia juga menerangkan tentang mekanisme pemilihan hewan yang akan diberikan vaksin PMK.

"Dalam vaksin hewan kali ini, filosofinya kita memilih hewan yang memiliki umur panjang dan sehat, karena yang terpapar harus melalui tahap pemulihan terdahulu, yakni sapi betina dan anak sapi. Karena sapi jantan pasti disembelih saat Idhul Adha besok ini," terangnya.

Dokter Hewan Mahendra Prasetya menuturkan bahwa Kabupaten Lamongan masih tergolong aman karena sejumlah 2.294 sapi yang terpapar tersisa 1.672 dalam tahap penyembuhan.

"Sudah banyak sapi yang sembuh, dan dengan adanya dosis vaksin ini kita akan melakukan pendataan ulang terkait by name by address," tuturnya.

Mahendra juga menjelaskan, teknis melakukan penyembelihan saat nanti. Yang mana dapat dilakukan dengan mendaftarkan hewan yang akan disembelih untuk mendapatkan surat dari kemudian akan dilakukan pengecekan langsung oleh .

"Untuk nanti diwajibkan setiap hewan yang akan disembelih untuk didaftarkan ke Disnakeswan untuk diberikan surat keterangan dan pemeriksaan langsung," pungkasnya. (qom/ari) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pastikan Harga Stabil Jelang Idul Adha, Wali Kota Mojokerto Sidak Pasar Hewan dan Bahan Pangan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO