Jelang Idul Adha, Pasar Hewan Kota Kediri Resmi Kembali Dibuka

Jelang Idul Adha, Pasar Hewan Kota Kediri Resmi Kembali Dibuka Petugas saat membuka pintu gerbang salah satu pasar hewan di Kota Kediri. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemkot Kediri resmi membuka kembali untuk umum, Sabtu (2/7). Sebelumnya, ditutup akibat merebaknya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK).

Direktur PD. Pasar Kota Kediri, Muh. Ihwan Yusup, menjelaskan alasan kembali dibukanya karena persebaran penyakit PMK di Kota Kediri masih di bawah 50 persen. Dengan demikian, statusnya masih tertular dan belum menjadi wabah.

"Jadi kita diperbolehkan melakukan pembukaan kembali agar memudahkan masyarakat untuk mencari hewan kurban," ujarnya.

Meski sudah dibuka, Ihwan mengatakan hewan yang dijual di tetap harus mengantongi surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) dari dinas peternakan dan kesehatan hewan atau dinas terkait.

PD Pasar Kota Kediri juga telah berkoordinasi dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Kediri untuk melakukan pengecekan hewan. Jika nantinya ditemukan hewan ternak yang memiliki tanda-tanda adanya penyakit, maka tidak diperbolehkan masuk ke dalam pasar.

"Jadi dalam pembukaan ini kita perketat persyaratannya. Kita juga sudah melakukan koordinasi dengan dan pemerintah provinsi yang mana intinya pembukaan ini dilakukan menjelang Hari Raya Idul Adha," ucap Ihwan.

Ia mengaku belum dapat memastikan pembukaan Kota Kediri ini berlangsung hingga kapan. Pihaknya masih akan berkoordinasi kembali dengan pihak-pihak terkait.

Sementara itu, Edi Darmasto, Pengawas PD Pasar Kota Kediri, berharap dibukanya dapat mempermudah masyarakat dalam mencari hewan kurban yang diinginkan.

"Semoga pembukaan ini nantinya dapat memudahkan masyarakat dalam mencari hewan kurban dan roda ekonomi dari para penjual hewan di sini dapat berjalan kembali. Pemkot Kediri akan terus berupaya agar Kota Kediri dapat terbebas dari wabah PMK ini," kata Edi. (uji/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pastikan Harga Stabil Jelang Idul Adha, Wali Kota Mojokerto Sidak Pasar Hewan dan Bahan Pangan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO