Pertahankan Kondisi Alam KEE Pulau Masakambing untuk Cegah Kepunahan Burung Kakaktua

Pertahankan Kondisi Alam KEE Pulau Masakambing untuk Cegah Kepunahan Burung Kakaktua Acara talkshow yang digelar Mapala Ghubatras Universitas Trunojoyo Madura di Eiger MERR Surabaya, Jumat (2/7/2022).

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Mapala Ghubatras Universitas Trunojoyo Madura () Bangkalan bekerja sama dengan Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Wilayah Sumenep menggelar Talkshow Beka Ecotourism di Eiger MERR Surabaya. Jumat (1/7/2022) malam.

Talkshow itu membahas kolaborasi antara Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan masyarakat dalam mendukung ekowisata di Kawasan Ekosistem Esensial (KEE) Pulau Masakambing, guna menyebarluaskan gerakan menolak punah burung kakaktua.

Sekadar diketahui, Pulau Masakambing menjadi salah satu habitat burung kakaktua yang saat ini termasuk sebagai satwa langka. 

Menurut A Katri Atmodjo, Perwakilan , pemberdayaan masyarakat serta upaya mempertahankan kondisi alam merupakan modal dasar terwujudnya KEE di Pulau Masakambing.

"Dengan ikut serta mempertahankan kondisi alam di , berarti ikut mendukung tidak punahnya habitat burung di sana," jelasnya.

Sementara Agus Wiyono, Direktur EJEF (East Java Ecotourism Forum), menjelaskan ada 5 unsur dasar terwujudnya ekowisata.

"Adanya upaya mendukung konservasi, mendorong pemberdayaan masyarakat, tata kelola wisata yang baik, mengandung unsur edukasi, dan yang paling utama adalah unsur pariwisata atau entertainment," jelas Agus.

Turut hadir dalam acara tersebut, BBKSDA Seksi Konservasi Wilayah IV Surabaya, Ketua Pokdarwis Beka' Island Alang, Local Keeper of Masakambing Cockatoo, serta para dan aktifis lingkungan. (dim/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO