Penduduk Sampang Hampir Satu Juta Jiwa

Penduduk Sampang Hampir Satu Juta Jiwa Suasana kantor Dispendukcapil Sampang. Foto: MUTAMMIM/BANGSAONLINE

SAMPANG, BANGSAONLINE.com - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Sampang mencatat jumlah penduduk sebanyak 927.623 jiwa. Hal itu berdasarkan data Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri per Desember 2021.

"Data kependudukan untuk yang tahun 2022 belum ter-update dari pusat, karena untuk update data sekarang bukan tiga bukan sekali melainkan enam bulan sekali," kata Plt Kepala Dispendukcapil Sampang, Nor Alam, Rabu (5/7/2022).

Menurut dia, data penduduk di Sampang jelas bertambah signifikan. Sebab, masyarakat yang awalnya tidak mempunyai data kependudukan kini bisa mempunyai data penduduk karena dibantu adanya program jemput bola data.

"Jemput bola itu artinya masyarakat yang awalnya tidak mempunyai data kita datangi ke kediamannya untuk dilakukan pendataan dan perekaman e-KTP," tuturnya.

Namun, Nor tidak bisa merinci data kependudukan di Sampang di antara masyarakat yang mempunyai e-KTP atau tidak mempunyai tanda penduduk.

"Untuk itu saya belum tau soalnya meski sekarang memasuki semester dua data kependudukan dari pusat belum keluar," ungkapnya.

Ia menyebut, jumlah penduduk tersebut bakal bertambah dan berkurang. Pasalnya, penduduk di Sampang ada yang baru dan ada juga yang dihapus karena meninggal.

"Kalau untuk jumlah penduduk yang jelas bertambah tapi kalau untuk pengurangan penduduk itu nantinya ditemukan kalau sudah mengurus surat kematian yang dilaporkan dari Kecamatan," paparnya.

Selain itu, faktor bertambah dan berkurangnya data kependudukan yang dikeluarkan oleh Dukcapil pusat karena penduduk pindah datang.

"Bertambah dan berkurangnya jumlah kependudukan di Sampang dipengaruhi karena anak baru lahir, kematian, dan pindah datang," pungkasnya. (tam/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO