Wagub Jatim ​Hadiri Pembukaan PPAP 2022 di Lumajang

Wagub Jatim ​Hadiri Pembukaan PPAP 2022 di Lumajang Wagub Jatim, Emil Elestianto Dardak, saat menghadiri pembukaan PPAP 2022 di Bumi Perkemahan Gagaharum, Lumajang.

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Wagub Jatim, Emil Elestianto Dardak, menghadiri pembukaan Pertukaran Pemuda Antar Provinsi (PPAP) 2022 di Bumi Perkemahan Gagaharum, , Rabu (6/7/2022). Ia berujar, Jawa Timur merasa terhormat usai terpilih sebagai lokasi penyelenggaraan kegiatan PPAP 2022 Zona Barat.

"Tapi satu yang ingin saya sampaikan, bahwa kita berada di titik di mana terjadi peristiwa alam yang sangat berdampak. Tetapi dengan semangat yang luar biasa, masyarakatnya bahu-membahu dan terus yakin optimis sampai mereka bisa bangkit pada hari ini. Inilah Kabupaten , kabupaten yang sarat semangat dan optimisme," ujarnya.

Ia kemudian bercerita, dirinya secara pribadi juga pernah merasakan pengalaman serupa, di mana ia berkumpul dengan perwakilan dari anak-anak daerah lainnya. Untuk itu, ia meminta agar peserta PPAP dapat memanfaatkan peluang dengan sebaik mungkin.

"Saya beberapa kali mengikuti acara di mana saya mau mewakili provinsi tempat saya berdomisili, namun saat itu adalah DKI Jakarta. Untuk Hari Pendidikan Nasional jenjang SMP pada 1997, saya diberi kesempatan bisa berdialog dengan Bapak Presiden yang saat itu adalah Pak Soeharto di Istana Negara," tuturnya.

"Tapi pengalaman yang sangat berharga adalah persahabatan yang terjalin dengan sahabat dari waktu itu Irian Jaya sampai Aceh. Sesuatu yang berharga, karena tidak setiap hari kita bisa ketemu dengan saudara-saudara sebangsa setanah air dari berbagai daerah. Tentunya persahabatan itu senantiasa terus terjalin kedepannya," paparnya menambahkan.

Mantan Bupati Trenggalek ini menyebut, para pemuda-pemudi bangsa, khususnya mereka yang tengah mengikuti PPAP, harus memiliki nilai kebangsaan dan wawasan luas untuk dapat menjadi satu-kesatuan.

"Kita harus menjadi pemuda yang memiliki wawasan kebangsaan, memiliki pemahaman mengenai keberagaman dan mengerti bahwa di balik keberagaman itu ada satu kesamaan cita-cita," ungkapnya.

Lihat juga video 'Duel Maut Dengan Kades Sukosari, Perangkat Desa Jatiroto tersabet Celurit Hingga Usus Keluar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO