Pemkot Kediri Gelar Lomba Desain Motif Tenun Ikat Berhadiah Beasiswa dan Puluhan Juta Rupiah

Pemkot Kediri Gelar Lomba Desain Motif Tenun Ikat Berhadiah Beasiswa dan Puluhan Juta Rupiah

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemkot melalui dinas perdagangan dan perindustrian (Disperdagin) mengadakan Lomba Desain Motif Tenun Ikat 2022 bertajuk 'Kearifan Lokal Selera Global' mulai 7 Juli 2022 dan akan ditutup pada tanggal 12 Agustus 2022.

Kegiatan ini berhadiah uang tunai total Rp35,5 juta dan 5 beasiswa penuh untuk berkuliah di jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) dari Universitas Dian Nuswantoro (Udinus)- yang akan diberikan pada lima karya terbaik dari peserta pelajar SMA/SMK.

Abdullah Abu Bakar selaku wali kota mengatakan bahwa motif tenun di Kota memang sudah ada. Namun menurutnya, ada yang terputus jika ditarik ke akar sejarah dan budaya.

Ia menyatakan, tidak ada penjelasan detail terkait hal tersebut, motif muncul kapan dan dapat inspirasi dari mana, sehingga para perajin hanya menafsirkan serta bercerita apa yang pernah didengar.

"Maka lomba ini sebenarnya tidak hendak menafikkan motif yang sudah ada, tapi menambahkan atau memperkaya. Dan hasil desain pemenang nanti kita bisa klaim bahwa benar ini motif khas Kota , karena kita tahu siapa yang bikin, kapan dibuat dan inspirasi karyanya dari mana,” kata Abu memaparkan tujuan penyelenggaraan lomba, Kamis (7/7/2022).

Ia menegaskan, Tenun Ikat Kota sudah mendapatkan HAKI dari Kemenkumham RI. Ini menjadi momentum untuk semakin mengenalkannya ke publik secara luas dan selama ini sudah ada event seperti Dhoho Street Fashion (DSF) yang bekerja sama dengan desainer nasional dan menghasilkan eksposur yang luar biasa.

“Nah nanti motif tenun hasil lomba ini bisa diaplikasikan ke event DSF, sehingga bisa direspon oleh para desainer untuk peragaan tahunan ini,” ujarnya.

Dhoho Street Fashion adalah event tahunan yang diinisiasi oleh Ferry Silviana Abdullah Abu Bakar, Ketua Dekranasda Kota yang mengundang sejumlah desainer nasional seperti Priyo Oktaviano, Didiet Maulana, Era Soekamto, Lenny Agustin dan Hannie Hananto.

Sementara itu Kepala Disperdagin Kota Tanto Wijohari menambahkan event ini merupakan upaya dari Pemkot untuk melestarikan dan mempromosikan yang tersentral di Kelurahan Bandar Kidul.

Lihat juga video 'Tim BPK Wilayah XI Teliti Tugu Tapal Batas di Kediri, Diduga dari Abad ke-13 ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO