Wali Kota dan Kepala KPwBI Kediri Luncurkan Mall SIAP QRIS pada Pre-event FEKDI

Wali Kota dan Kepala KPwBI Kediri Luncurkan Mall SIAP QRIS pada Pre-event FEKDI Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar (kiri), bersama Kepala Kantor Perwakilan wilayah Bank Indonesia Kediri, Moch Choirur Rofiq, saat meluncurkan Kediri Town Square sebagai Mall SIAP QRIS. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Wali Kota , Abdullah Abu Bakar, bersama Kepala Kantor Perwakilan wilayah Bank Indonesia , Moch.Choirur Rofiq, meluncurkan Town Square, sebagai Mall Sehat Inovatif Aman Pakai (SIAP) Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), Jumat (8/7/2022).

Saat ini di Kota telah memiliki jumlah merchant sebanyak 86.318 yang bisa bertransaksi dengan QRIS. Diharapkan penggunaan QRIS di Kota semakin meluas. Peluncuran ini bersamaan dengan pre-event Festival Ekonomi Keuangan Digital (FEKDI) yang diselenggarakan oleh KPwBI .

"Perubahan itu adalah keniscayaan. Dulu orang nyaman pegang uang sekarang nyamannya dengan uang digital. Cukup membawa hand phone kita scan QRIS sudah bisa melakukan transaksi," kata Abu.

Menurut dia, penggunaan QRIS memang efektif dan efisien dan penggunaan non-tunai di Kota mengalami peningkatan. Mulai tahun 2018, Pemkot menggunakan cara pembayaran non tunai termasuk dalam sisi pendapatan asli daerah.

Ia menuturkan, pembayaran PBB secara non-tunai masih 29 persen di awal program ini. Pada 2022, yang masih berjalan ini sudah mencapai 45,68 persen.

"Alhamdulillah semakin banyak masyarakat yang teredukasi. Terima kasih kepada Bank Indonesia dan perbankan lainnya telah meyediakan banyak merchant di Kota . Bagi pemungut pajak seperti pemda ini sangat diuntungkan dengan QRIS. Uang tidak menumpuk di kantor tapi langsung di bank," ungkapnya.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO