Program Kurma Sidoarjo Disambut Antusias Emak-Emak, Ribuan Kelompok Usaha dapat Suntikan Modal

Program Kurma Sidoarjo Disambut Antusias Emak-Emak, Ribuan Kelompok Usaha dapat Suntikan Modal Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali (kanan), saat menunjukkan produk UMKM ketika membuka pelatihan ekspor bagi pelaku UMKM di Kota Delta pada awal April 2022. Foto: Ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Program Kartu Usaha Perempuan Mandiri (Kurma) yang digagas Bupati , Ahmad Muhdlor Ali, mendapat sambutan luar biasa dari emak-emak di Kota Delta. Lebih dari 2.000 kelompok mendaftarkan diri dalam program tersebut sejak dibuka dua bulan yang lalu.

Setelah melalui tahap verifikasi data yang dilakukan pemerintah desa kemudian diverifikasi lagi di tingkat kecamatan, total jumlah kelompok usaha yang masuk di Pemkab sebanyak 2.262 kelompok usaha. Berkas administrasi ribuan kelompok usaha yang dikelola para perempuan itu sekarang berada di tahap verifikasi akhir oleh tim penilai dari Dinas Koperasi dan UMKM .

Bupati mengaku senang melihat antusiasnya para perempuan di wilayahnya dalam merespons program bantuan permodalan usaha kecil menengah itu. Menurut alumni Fisip Unair ini, banyaknya kelompok usaha perempuan yang ikut program Kurma memperlihatkan semangat emak-emak menjadi perempuan mandiri.

"Kabar baik bagi pengembangan dan kemajuan ekonomi kreatif dan UMKM . Terutama bagi perempuan yang ingin mandiri. Artinya, program ini sebenarnya ditunggu-tunggu masyarakat . Lebih dari dua ribu kelompok usaha perempuan ingin mendapatkan program Kurma," kata Gus Muhdlor (sapaan akrab Bupati ), Rabu (13/7/2022).

Bupati , Ahmad Muhdlor Ali, bersama pelaku UMKM yang mengikuti pelatihan ekspor

Ia menyebut, mereka yang ikut dalam program Kurma selain mendapat apresiasi bantuan permodalan juga mendapat pelatihan dan pendampingan usaha. Seperti pelatihan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM), pelatihan peningkatan standar mutu produk dan pendampingan dalam pemasaran.

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO