Sidang Pemilik SMA SPI Kota Batu Ditunda

Sidang Pemilik SMA SPI Kota Batu Ditunda Hotma Sitompoel, Kuasa Hukum dari pemilik SMA SPI Kota Batu, Julianto Eka Putra alias Ko Jul yang terjerat kasus kekerasan seksual.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Sidang lanjutan perkara dugaan kasus kekerasan seksual di (SPI) Kota Batu dengan terdakwa Julianto Eka Putra alias , yang sedianya digelar Rabu (20/7/2022) di Pengadilan Negeri (PN) , ditunda.

Pasalnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menyatakan materi belum siap. JPU PN Kota , Edi Sutomo, mengatakan bahwa pihaknya masih melakukan peninjauan soal pembacaan tuntutan tersebut.

"Ya, karena banyak sekali, bahkan hingga ratusan lembar berkas yang akhirnya kami sampaikan jika tuntutan memang harus ditunda. Selain itu juga ada beberapa alasan analisa yuridis bagi kami untuk meyakinkan majelis hakim, untuk menunda pembacaan tuntutan terhadap terdakwa," ujarnya.

Edi yang juga menjabat sebagai Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kota Batu ini mengungkapkan, jadwal agenda persidangan selanjutnya bakal digelar pekan depan.

"Untuk jadwal agenda persidangan pada hari Rabu tanggal 27 Juli tahun 2022, masih sama pembacaan tuntutan kepada terdakwa dengan sidang tertutup secara online, sebagaimana Perma no.4 tahun 2020 pasal 2 persidangan secara elektronik," paparnya.

Sementara itu, Tim Kuasa Hukum dari , Hotma Sitompoel, mengaku bersyukur sekaligus berterima kasih kepada JPU dan Majelis Hakim. 

"Penundaan ini membuktikan, JPU yang hadir dalam persidangan ini sungguh-sungguh memperhatikan semua yang terungkap di persidangan. Kita lihat sendiri berkas setinggi ini adalah wajar bila JPU memohon waktu menunda untuk mempelajari lagi agar lebih baik, sehingga keadilan bisa dicapai," kata Hotma.

Soal penahanan terdakwa, pihaknya menilai ini merupakan hak dari Majelis Hakim.

"Kami hanya bertanya 11 bulan, klien kami tidak mempersulit persidangan, tidak pernah mangkir, selalu hadir dan kooperatif. Pertanyaannya, mengapa di keluarkan surat penahanan?," tuturnya mempertanyakan.

Lihat juga video 'Warung Bebek Goreng H. Slamet di Kota Malang Terbakar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO