Dua Tahun Vakum, Bupati Kediri Berangkatkan Kirab Ritual 1 Suro

Dua Tahun Vakum, Bupati Kediri Berangkatkan Kirab Ritual 1 Suro Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana (tengah) dan peserta kirab. Foto: Ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Setelah dua tahun akibat pandemi Covid-19, kirab upacara ritual 1 Suro di Pamuksan kembali digelar. Kirab ini diberangkatkan oleh Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana, Sabtu (30/7/2022).

Kirab upacara 1 Suro itu tak lain untuk mengenang kebesaran . Sebab, kejayaan Kerajaan Kediri tak lepas dari kemasyhuran Prabu yang memerintah 1135-1157 Masehi. dikenal seantero nusantara karena kitab Jangka Jayabaya.

"Saya selaku kepala daerah sangat mensuport kegiatan-kegiatan yang sifatnya untuk instropeksi diri, untuk melihat apa yang sudah kita lakukan dan akan kita lakukan," kata Dhito, sapaan akrab Bupati Kediri, Sabtu (30/7/2022).

Upacara kali ini menarik minat masyarakat untuk datang. Sepanjang jalur kirab, tampak masyarakat berjajar untuk melihat lebih dekat prosesi upacara.

Prosesi kirab dimulai dari Pamuksan , menuju Sendang Tirto Kamandanu yang berjarak sekitar 200 meter. Sendang ini disebut patirtan, atau mata air yang dianggap suci dan digunakan pada masa pemerintahan Prabu .

Sendang Tirto Kamandanu hingga kini tetap dilestarikan oleh masyarakat karena diyakini digunakan oleh Prabu untuk bersuci sebelum parama mokhsa atau kembali menghadap Tuhan beserta raganya.

"Insyaalloh Pemerintah Kabupaten Kediri akan memperbaiki baik itu tempat kaputren maupun untuk yang putra, itu nanti akan kita rehab," ucap Dhito.

Chatarina Etty, Perwakilan Yayasan Hondodento Yogyakarta berharap peringatan 1 Suro ini bisa menjadi penguat toleransi dan gotong royong masyarakat, agar semakin guyub dan rukun.

Dia meyakini peserta yang mengikuti upacara ritual 1 Suro sangat peduli dengan budaya di nusantara. Dia berharap, Prabu yang merakyat, membawa kebaikan kepada rakyat dan kemakmuran bagi kerajaannya, dapat menjadi teladan. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220 di Pendopo Panjalu Jayati':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO