Rektor UTM Berharap Dirjen Dikti Kemendikbud Support UTM Jadi BLU

Rektor UTM Berharap Dirjen Dikti Kemendikbud Support UTM Jadi BLU Rektor UTM, Dr. Drs. Ec. Muh. Syarif.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Rektor  () Muh. Syarif berharap Kemendikbud Ristek membantu perubahan status kampus yang dipimpinnya dari satuan kerja (satker) menjadi () atau bahkan berbadan hukum. Sehingga, visi  menjadi kampus mandiri dapat segera terwujud.

Harapan itu disampaikan Syarif saat memberikan sambutan di Puncak Peringatan Dies Natalis ke-21 dan penerimaan mahasiswa baru tahun 2022 di Gedung Pertemuan , Senin (1/8/2022).

"Saat ini keuangan hanya mengandalkan dari biaya kuliah mahasiswa. Sehingga, dituntut agar mendapatkan pemasukan tambahan atau generator income dari variasi sumber pendapatan lainnya. Oleh sebab itu, transformasi (status) dibutuhkan," ujar rektor.

Dengan berubah status menjadi atau berbadan hukum, kata Syarif, akan lebih mudah dalam menghilirkan inovasi hasil riset.

Ia mengungkap, sudah banyak inovasi dan riset yang dihasilkan oleh mahasiswa . Di bidang riset, konsen terhadap ciri khas Madura. Antara lain, penelitian dosen khusus pada topik klaster Madura, mulai dari garam, jagung, rempah, energi, wisata, dan halal.

"Jumlah proposal penelitian di tahun 2022 mencapai 400 judul," ungkapnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO