Persiapkan Program Swasembada 2017, Bupati Bondowoso Urun Rembug Dengan Petani

Persiapkan Program Swasembada 2017, Bupati Bondowoso Urun Rembug Dengan Petani Bupati Bondowoso, Drs. H. Amin Said Husni saat sambutan di hadapan masyarakat peserta urun rembuk pertanian. (Sugiyanto/BANGSAONLINE)

BONDOWOSO, BANGSAONLINE.com - Target program swasembada pangan 2017 yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat ditanggapi serius oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso. Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemkab adalah melakukan "Abeg Rembeg A Sareng Bapak Bupati Bendebesah” atau urun rembug antara petani dengan pihak pemerintah terkait penyusunan program penyuluhan pertanian.

Bupati Bondowoso, Drs. H. Amin Said Husni menjelaskan, urun rembug antara petani dengan pihak pemerintah Kabupaten Bondowoso ini dalam rangka untuk menyerap aspirasi masyarakat petani dalam rangka menyabut program swasembada pangan 2017 mendatang.

“Kita ingin menyempurnakan program pertanian dalam rangka menyambut program swasembada 2017, dan apa yang menjadi aspirasi masyarakat diharapkan nantinya bisa sinergi antara pemerintah dengan para petani,” ujar Bupati Amin usai acara urun rembug dengan petani Siang tadi (27/4).

Selain itu, Amin juga menjelaskan bahwa masyarakat juga butuh dukungan dari pemerintah untuk peningkatan produksi pertanian seperti bibit, alat mesin pertanian, permodalan, serta pemasaran.

“Apa yang menjadi keinginan masyarakat petani sebagian sudah direalisasikan oleh pemerintah seperti bantuan benih, alat mesin pertanian seperti hand tractor. Akan tetapi masih belum terjagkau semua, tentu nantinya seara bertahap pemerintah akan memenuhi apa yang menjadi keinginan masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Wahyudi Arifin salah satu petani asal warga Gunung Anyar sangat berterima kasih kepada Bupati Bondowoso yang telah mensupport pengembangan peningkatan produksivitas pertanian bagi petani yang ada di Bondowoso.

“Saya akan mengembangkan lahan pertanian tanaman pangan di wilayah kami, dan yang menjadi titik fokus kami adalah peningkatan produktivitas, dengan harapan sebagaimana yang disampaikan oleh Bupati, masa depan Bondowoso dalam pertanian benar-benar tercapai,” ujar pemuda yang saat ini sukses mengembangkan tanaman padi jenis PP3 ini.

Perlu diketahui, dalam acara urun rembuk antara petani dengan Bupati (Abeg Rembeg A Sareng Bapak Bupati Bendebesah) diikuti oleh 540 peserta yang terdiri dari pengusaha tani, unsur petani, kontak tani nelayan andalan (KTNA), kelompok wanita tani (KWT), Petugas Penyuluh Lapangan (PPL), Kelompok Tani, Gabungan Kelompok Tani, serta tokoh mansyarakat dan seluruh Koramil, serta Babinsa.

Hadir pula dalam acara tersebut Kepala Dinas Pertanian, H. Hindarto, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan, HM. Erfan Gani, Kepala Kantor Ketahana Pangan, serta Dandim 0822, Kabag Umum, serata Kabag Humas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO