FPRB Kabupaten Kediri dan Pecinta Alam akan Gelar Jambore Mitigasi di Lereng Wilis

FPRB Kabupaten Kediri dan Pecinta Alam akan Gelar Jambore Mitigasi di Lereng Wilis Ketua FPRB Kabupaten Kediri, dr. Ari Purnomo Adi (kiri) dan tim. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sedikitnya 500 orang dari puluhan komunitas relawan kebencanaan dan pecinta alam di Kabupaten Kediri dan sekitarnya, berencana menggelar dan lintas alam di Kawasan .

Jambore mitigasi dan lintas alam yang diinisiasi Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Kabupaten Kediri dan relawan pecinta alam tersebut akan digelar pada tanggal 11 -12 September 2022, di Perkebunan Secang Sukosewu Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri.

Ketua dr. Ari Purnomo Adi menjelaskan, tim panitia sudah mulai bekerja mempersiapkan segala keperluan acara tersebut sejak beberapa hari lalu. Seperti mengecek lokasi jambore dan rute yang akan dilalui saat lintas alam nanti.

"Persiapan ini dilakukan agar saat pelaksanaan kegiatan nanti bisa berjalan lancar, aman, dan sukses," katanya, Jumat (5/8/2022).

Menurut Ari, para peserta jambore akan diberi pelatihan tentang mitigasi, seperti yang tertuang dalam UU No 24 Tahun 2007 Bab I Pasal 1 angka 9. Dalam pasal itu, dijelaskan mitigasi adalah serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana.

"Salah satu mitigasi bencana yang dilakukan adalah gerakan menanam pohon. Karena dengan menanam pohon, maka kami sudah turut membantu mengurangi dampak pemanasan global, menambah sumber oksigen di bumi, menyimpan air dalam tanah, menyerap polusi udara, mencegah banjir, dan juga mencegah erosi terutama di lereng ," terangnya.

Acara dan lintas alam ini sekaligus untuk membangun dan memperkuat jejaring relawan peduli lingkungan dan kebencanaan di Selingkar Wilis. Terutama di 5 kecamatan yang ada di lereng , mulai dari Tarokan, Grogol, Banyakan, Semen, dan Mojo.

"Kegiatan yang akan kami gelar tersebut merupakan komitmen para relawan kebencanaan dan pecinta alam untuk menjaga alam sebagai bagian dari mitigasi bencana," tutup pria gondrong yang juga Koordinator Aliansi Relawan Peduli Lingkungan (ARPL) Kediri itu. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Ke Wisata Watu Lawang, Menikmati Pemandangan Gunung Wilis dan Pegunungan Ngliman':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO