Rayakan HUT RI ke-77, Ratusan Warga Makan di Atas Daun Pisang Sepanjang 777 Meter

Rayakan HUT RI ke-77, Ratusan Warga Makan di Atas Daun Pisang Sepanjang 777 Meter Suasana saat 800 warga makan bersama di atas daun pisang sepanjang 777 meter.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Ada 800 warga di Dusun Wunut, Desa Sampangagung, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten , menghadiri malam tasyakuran dan makan di atas daun pisang sepanjang 777 meter. Agenda tersebut dilaksanakan dalam rangka merayakan HUT RI yang ke-77, Selasa (16/8/2022) malam.

Ribuan lembar daun pisang yang ditata sedemikian rapi dan membentang di kampung itu telah menambah keunikan kegiatan ini. Antusias ratusan warga, mulai dari anak-anak sampai orang tua tumpah ruah di jalan utama kampung.

"Di samping untuk merayakan malam HUT RI ke-77, kegiatan makan bersama di atas daun pisang itu juga merupakan tradisi zaman nenek moyang kita. Mereka mempunyai kebiasaan itu. Seperti halnya, mengingatkan kembali terhadap para pahlawan yang telah berjasa dengan berjuang dalam memerdekakan NKRI," kata Kepala Dusun Wunut, Susilo.

“Setiap tahun, saat merayakan HUT RI, semua warga di sini sangat kompak. Termasuk di acara makan bersama ini, masing-masing warga dengan rela membawa sendiri makanan dengan berbagai menu. Di atas daun pisang yang membentang sepanjang 777 Meter, berbagai menu ditaruh di atas daun pisang setelah sedikit sambutan tentang peringatan Agustusan, lalu berdoa, dan selanjutnya semua warga menikmati berbagai hidangan," imbuhnya.

Salah satu warga yang ikut makan bersama, Eni Emistya, mengaku sangat senang dengan adanya makan bersama di atas daun pisang. Dia bersama warga lainnya merasakan hikmat dari kemerdekaan. 

"Saya, bersama semua keluarga juga hadir dan ikut makan bersama. Bisa menjalin tali silaturahmi sesama warga. Dan terciptanya kerukunan di kampung ini," ucap Eni. (ris/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pandemi, Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto Ajak Anggotanya Peduli Sesama':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO