Tumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air, Tahanan Polresta Banyuwangi Ikuti Upacara HUT ke-77 Kemerdekaan

Tumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air, Tahanan Polresta Banyuwangi Ikuti Upacara HUT ke-77 Kemerdekaan Suasana upacara Kemerdekaan RI yang ke-77 di Rutan Polresta Banyuwangi.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Di masa pemulihan setelah masa pandemi dengan slogan 'Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat' tidak menyurutkan semangat masyarakat dalam memperingati HUT RI yang ke-77, termasuk narapidana yang berada di Rumah Tahanan (Rutan) Polresta . Walaupun sedang berada di balik jeruji besi, mereka ambil bagian dari perayaan Hari Kemerdekaan satu tahun sekali ini.

Kasat Tahti Polresta , Iptu Hariyanto, memimpin tahanan untuk melakukan upacara bendera di dalam Hotel Prodeo. Mereka mengikuti arahan dari Kementerian Sekretariat Negara, yakni menghentikan aktivitas selama tiga menit untuk memperingati detik-detik proklamasi.

“Untuk tahanan mengikuti upacara bendera dan pemberhentian aktivitas sementara selama tiga menit dan diikuti para tahanan di Polresta sebanyak 150 orang, terdiri 145 tahanan laki-laki dan 5 orang tahanan perempuan, dan pada saat penghormatan kibaran bendera pusaka langsung dipimpin komandan jaga, Aiptu Nuryanto,” kata Hariyanto, Rabu (17/8/2022).

Ia menjelaskan, peringatan Hari Kemerdekaan dilakukan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air. Oleh karena itu, tahanan diajak untuk mengenang dan menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur dalam berjuang untuk merebut kemerdekaan Indonesia.

Hariyanto berharap, para tahanan Polresta mengerti arti dari kemerdekaan yang telah diraih dan menumbuhakn jiwa patriotisme di dalam dirinya. Pelaksanaan upacara dilakukan dengan dengan kondisi aman tertib dan kondusif.

“Peringatan Hari Kemerdekaan sangat penting dilakukan, dengan harapan para tahanan kedepannya setelah menjalani pidana dapat patuh terhadap hukum dan aturan yang berlaku di masyarakat,” pungkasnya. (guh/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Cuaca Kurang Bersahabat, Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk Ditutup':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO