16.659 Narapidana di Jatim Dapat Remisi Umum Kemerdekaan RI, 522 Orang Langsung Bebas

16.659 Narapidana di Jatim Dapat Remisi Umum Kemerdekaan RI, 522 Orang Langsung Bebas Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Zaeroji menyerahkan SK remisi secara simbolis kepada salah satu narapidana.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022 membawa berkah bagi para narapidana. Sebanyak 16.659 orang narapidana di Jatim yang tersebar di 39 lapas mendapatkan , di mana 522 orang di antaranya dinyatakan langsung bebas.

Zaeroji, Kepala menjelaskan, besaran remisi yang diteima narapidana berbeda-beda. Paling singkat satu bulan, dan paling lama enam bulan. "Tergantung lamanya seorang narapidana menjalani masa hukuman," ujar Zaeroji.

Namun, ada syarat-syarat umum dan khusus yang harus dipenuhi narapidana apabila ingin mendapatkan remisi. Di antaranya, berkelakuan baik dan aktif mengikuti pembinaan. Serta memenuhi syarat-syarat lain yang diatur perturan perundang-undangan.

"Jadi remisi yang diberikan sudah diukur dan melalui pertimbangan yang matang," urainya.

Untuk 522 narapidana yang langsung bebas didominasi oleh narapidana umum. Dengan rincian 347 orang narapidana umum, 174 narapidana kasus narkotika, dan satu narapidana tindak pidana korupsi.

Menurut Zaeroji, sebenarnya mengusulkan 16.851 narapidana mendapatkan pada tahun 2022. Angka itu lebih dari separuh dari total (WBP) yang ada di Jatim, yaitu 29.072 orang. Rinciannya, 22.739 berstatus narapidana dan sisanya 6.333 masih berstatus tahanan.

Lihat juga video 'Sempat Kabur Bawa Mobil Dinas dan Tabrak Pagar Rudenim, WNA Palestina Diamankan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO