50 Peternak Binaan SIG Tuban Dilatih Pemanfaatan Teknologi Digital

50 Peternak Binaan SIG Tuban Dilatih Pemanfaatan Teknologi Digital Suasana pelatihan Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Optimalisasi Tata Laksana Pemeliharaan Sapi yang digelar SIG Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Bersama Calty Teknologi Indonesia, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk () menggelar pelatihan Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Optimalisasi Tata Laksana Pemeliharaan Sapi. Melalui program Mandiri, pelatihan dikuti 50 pelaku UMKM sektor peternakan yang dibina perusahaan dan tersebar di 12 desa dari 4 kecamatan di .

Kegiatan tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan keahlian peternak dalam merawat dan mengembangkan ternaknya, serta memberikan pengetahuan Teknologi Digital yang bisa diterapkan dalam dunia peternakan. Diharapkan, usaha para peternak semakin berkembang.

"Pada pelatihan ini peserta diberikan materi perbaikan nutrisi ternak, identifikasi dan penanganan ternak sakit (PMK), cara pemberian suplemen agar ternak terjangkit mampu mengembalikan kondisi (pulih) dan tahan terhadap wabah," kata General Manager of CSR , Edy Saraya, Selasa (29/8/2022).

Menurut dia, pemanfaatan teknologi Smart Farming untuk mengurangi kesalahan memprediksi siklus reproduksi, siklus pemberian pakan dan suplemen, identifikasi ternak dan biosecurity dengan pemanfaatan teknologi, dan pemanfaatan Smart Farming untuk monitoring real time dan inseminasi buatan virtual.

Selain itu, pelatihan ini selaras dengan tema hari Kemerdekaan Republik Indonesia yakni Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat. Kegiatan ini, kata Edy, digelar dalam rangka mempercepat pemulihan ekonomi nasional melalui pengembangan usaha mikro.

“Perusahaan berharap peternak yang selama ini ternaknya terimbas oleh virus PMK dapat bangkit bahkan lebih kuat, karena mereka memiliki pengetahuan tambahan setelah pelatihan,” tuturnya.

Ia berujar, perusahaan memberikan pelatihan ini sekaligus ada praktik dan contoh-contoh makanan suplemen ternak yang dapat diaplikasikan peserta secara langsung di rumah.

akan terus mendampingi UMKM peternakan ketika nantinya usaha mereka berkembang, dengan pelatihan–pelatihan lainnya,” ujarnya.

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO