Kedatangan Ribuan Mahasiswa Baru, Bupati Hendy: Menambah Kekuatan Ekonomi Jember

Kedatangan Ribuan Mahasiswa Baru, Bupati Hendy: Menambah Kekuatan Ekonomi Jember Bupati Jember foto bersama dengan ribuan mahasiswa baru Polije dalam PKKMB T.A. 2022/2023.

JEMBER, BANGSAONLINE.com -  menghadiri  (PKKMB) Tahun Ajaran 2022/2023 yang digelar di Gedung Olahraga 45,  (), Rabu (31/08/2022).

Bupati Hendy menyempatkan hadir dalam undangan pada kegiatan tersebut. Pihaknya mengaku bahagia dengan kehadiran baru (maba) yang mulai hidup dan turut memadati Jember. Menurutnya, dengan datangnya ribuan baru tersebut berarti menambah kekuatan ekonomi Jember.

Baca Juga: Wakil Rektor III Surokim Memotivasi Maba UTM agar Miliki Resiliansi yang Tinggi demi Kesuksesan

"Jumlahnya ada 2.800 lebih (maba), dan ini kebanggaan bagi Pemkab Jember. Dengan adanya 2.800 ini menambah kekuatan ekonomi," ujarnya.

Ia menerangkan bahwa dampak dari tambahan kekuatan ekonomi tersebut, tidak hanya memengaruhi kampusnya saja, melainkan pada masyarakat sekitar juga.

"Berdampak multiplier effect bukan hanya di saja, tapi juga terhadap masyarakat. Yang paling sederhana, pasti mendapatkan biaya dari orang tua untuk kos, makan kuliner, dan macam-macam," jelasnya.

Baca Juga: Gelar Patroli, Satpol PP Jember Pastikan Tempat Hiburan Malam Tak Beroperasi saat Ramadan

Baginya, hal tersebut juga termasuk dalam promosi gratis oleh terhadap Kabupaten Jember. Ribuan orang tua akan secara tidak langsung dapat mengenal Jember karena anak-anak mereka berkuliah di Jember.

"Ini promosi yang gratis dari 2.800 kepada orang tuanya. Kalo promosi biasa harganya akan sangat mahal," imbuhnya sambil berkelakar.

Hendy mengatakan bahwa pihaknya tidak akan tinggal diam dengan menyambut kehadiran maba di wilayahnya. Ia mengatakan bahwa civitas akademika kampus dapat memanfaatkan segenap fasilitas pemerintah beserta kekuatan dari semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kecamatan, hingga desa.

Baca Juga: Sambut Ramadan, Pj Gubernur Jatim Gelar Pasar Murah di Jember

"Tentunya Pemkab Jember tidak boleh diam-diam saja, harus ada kegiatan konkret. Kita harus mempersiapkan 2.800 ini untuk kegiatan-kegiatan , kita akan support, memfasilitasi untuk praktek langsung di lapangan." ungkapnya.

Selain itu, ia juga mencanangkan program beasiswa, termasuk untuk .

"Akan ada action plan dari Pemkab Jember untuk memberikan beasiswa. Tahun ini ada Rp2,3 m untuk ini ( ), nanti bisa kita tingkatkan kembali," pungkasnya. (yud/bil/ari)

Baca Juga: Menteri PPPA Bahas Stunting di Jember

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO