Peringati Hari Rabies Sedunia, RSH Disnak Jatim Gelar Vaksinasi Gratis

Peringati Hari Rabies Sedunia, RSH Disnak Jatim Gelar Vaksinasi Gratis Kepala Dinas Peternakan Jawa Timur, Indyah Aryani, saat meninjau pemeriksaan dan vaksinasi gratis dalam rangka Hari Rabies Sedunia.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Rumah Sakit Hewan (RSH)  (Disnak) Jatim menggelar pelayanan berupa pemeriksaan dan vaksin gratis, Rabu (28/9/2022). Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia atau  (WRD).

Kepala , Indyah Aryani, mengatakan bahwa peringatan Hari Rabies Sedunia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pencegahan dan pengendalian penyakit . Ia menyebut, Jawa Timur sudah bebas sejak 1997.

"Dari 34 provinsi di Indonesia, hanya 8 provinsi yang dinyatakan bebas , salah satunya Jawa Timur," ujarnya usai meninjau vaksinasi gratis di RSH .

Ia memaparkan, penyakit bersifat zoonosis yang dapat menular dari hewan ke manusia melalui gigitan, cakaran ataupun air liur dari hewan penderita . Hewan yang berpotensi menularkan antara lain anjing, kucing, kera dan musang.

Adapun gejala yakni hipersalivasi (air liur berlebihan), gelisah, agresif, menggigit apa saja yang ada di sekitarnya dan takut air serta takut cahaya. Pelayanan kesehatan hewan dan vaksinasi yang telah dilakukan mencapai 100 ekor.

"Untuk vaksin , kami menggunakan vaksin produk Pusvetma (Pusat Veteriner Farma) yaitu "Neo Rabivet". Diharapkan dengan diberikannya vaksin ini, tetap mempertahankan Jatim sebagai wilayah bebas ," kata Indyah.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO