Himafisi FIB Unej Gelar Festival Film Tingkat Nasional Bulan Depan, ini Kategori yang Dilombakan

Himafisi FIB Unej Gelar Festival Film Tingkat Nasional Bulan Depan, ini Kategori yang Dilombakan

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Himpunan Mahasiswa Program Studi Televisi dan (Himafisi) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Jember (UNEJ) menggelar tingkat nasional, pada tanggal 18 hingga 20 November 2022 mendatang.

Acara bertajuk Universitas Jember Festival () 2022 itu akan diisi dengan kompetisi film, diskusi, pelatihan, pemutaran film, hingga pasar kolaboratif. Untuk kompetisi, pantia mendatangkan Kamila Andini, seorang sutradara yang sudah cukup ternama, sebagai ketua dewan juri.

Ketua Panitia Salman Al Farisi mengatakan, merupakan festival rutin tahunan yang kali ini statusnya ditingkatkan menjadi nasional, dari sebelumnya hanya tingkat jurusan. Festival tersebut sekaligus untuk memperingati Dies Natalies Universitas Jember.

"Di tahun pertama pelaksanaan ini, kami mengusung tema Cultifest yang bermakna pembudi daya. Pembudi daya dalam artian kita sebagai pegiat televisi dan film selalu berusaha untuk terus berkembang dengan memanfaatkan segala sumber daya yang ada, sehingga dapat membuahkan hasil dan memberikan manfaat bagi banyak orang," ujarnya.

Salman berharap melalui ini, Jember bakal makin dikenal sebagai kota industri kreatif, selain dengan Jember Fashion Carnival-nya.

Lebih jauh, Salman menyampaikan bahwa pihaknya mengagendakan kegiatan pra-festival berupa berbagai kegiatan. Bulan Agustus kemarin, pihaknya sudah menggelar pelatihan dasar-dasar broadcasting bagi siswa SMK jurusan multimedia.

Adapun untuk kompetisi film yang menjadi sajian utama festival ini, melombakan beberapa kategori. Yaitu film fiksi pelajar, fiksi umum, dokumenter, vertikal, dan film khusus tentang Jember dan wilayah Tapal Kuda.

Salman mengungkapkan, sampai saat ini sudah ada puluhan film kiriman peserta yang diterima panitia, dan mungkin akan terus bertambah. Mengingat, batas akhir penerimaan karya masih tanggal 22 Oktober nanti.

Setelah itu akan dilanjutkan pada tahap kurasi di tanggal 20 Oktober 2022 sampai 4 November 2022. Kemudian akan dinilai oleh dewan juri di tanggal 7 sampai 11 November 2022.

pilihan dewan juri nantinya akan diputar saat pagelaran , sekaligus merayakan Dies Natalis ke-58. Adapun penyerahan penghargaan kepada juara akan digelar pada 30 November 2022 sebagai puncak acara. (yud/bil/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO