Selain Lansia, Pemkab Tulungagung Salurkan BLT untuk Buruh dan Petani Tembakau

Selain Lansia, Pemkab Tulungagung Salurkan BLT untuk Buruh dan Petani Tembakau Suasana penyerahan BLT dari Pemkab Tulungagung kepada masyarakat.

TULUNGAGUNG, BANGSAONLINE.com - Pemkab  telah menyalurkan dua jenis bantuan langsung tunai (BLT) kepada lansia, buruh, dan petani tembakau, Rabu (5/10/2022). Subsidi untuk masyarakat yang membutuhkan itu bersumber dari dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) dan Program Asistensi Kesejahteraan Lanjut Usia (Prakarsa)

Secara simbolis, BLT diberikan oleh Bupati , Maryoto Birowo, bersama wakilnya, Gatot Sunu Wibowo, dan Kepala Dinas Sosial , Suyanto. Bupati berujar, distribusi dua jenis BLT ini diberikan kepada masyarakat penerima bantuan yang sesuai dengan kriteria masing-masing.

"Bantuan ini wajib kita berikan baik dari program BLT DBHCHT dan BLT Prakarsa yang bersumber dari APBD," ujarnya.

Maryoto menjelaskan, penyaluran BLT DBHCHT ini diberikan kepada buruh tani tembakau, buruh pabrik rokok, dan karyawan pabrik rokok, misalnya satpam, kecuali bagian administrasi pabrik. Sedangkan untuk BLT Prakarsa diberikan kepada keluarga lanjut usia yang tidak lagi bekerja.

"Masing masing penerima bantuan rata rata mendapatkan sebesar Rp200 ribu per bulan, harapannya dana yang diterima diperuntukkan sebagaimana mestinya, dibelanjakan untuk kebutuhan pokok atau primer," paparnya

Sementara itu, Suyanto selaku Kepala Dinas Sosial mengatakan bahwa program BLT DBHCHT tersalurkan kepada masyarakat sebanyak 4.387 orang, bantuan yang diterimanya selama 4 bulan. Untuk program BLT Prakarsa, dana yang diterima terhitung selama 3 bulan dan diberikan kepada 172 orang.

"Masing masing peserta BLT DBHCHT memperoleh bantuan langsung sebesar Rp800 ribu terhitung sejak Juni 2022. Penerima bantuan program Prakarsa mendapatkan Rp 600 ribu per orang terhitung sejak Juli dan pada Desember nanti akan memperoleh lagi," urai Suyanto

Ia menyebut, nilai bantuan program BLT DBHCHT cukup besar totalnya ada Rp10 miliar yang akan dialokasikan kepada 7.000 orang, akan tetapi kouta baru terisi 4.387 penerima bantuan saja.

"Untuk mencukupi kuota nanti akan dicarikan lagi. Penerima akan disusulkan pada agenda selanjutnya," pungkasnya. (fer/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pria di Tulungagung Pepet Perempuan Pengendara Motor Sambil Masturbasi ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO