​Masuk Masa Panen, Harga Tembakau Rajang di Bojonegoro Capai Rp35 Ribu

​Masuk Masa Panen, Harga Tembakau Rajang di Bojonegoro Capai Rp35 Ribu Petugas dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bojonegoro saat meninjau tembakau milik warga yang dijemur.

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Petani tembakau di sudah masuk masa panen. Harga jual tembakau rajang kering tahun ini terbilang tinggi dan membuat petani bahagia, karena naik di angka 40 persen dibandingkan tahun lalu.

Kepala Bidang Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian , Imam Nur Hamid Arifin, mengatakan bahwa harga tembakau saat ini mencapai Rp35-37 ribu per kilogram untuk tembakau rajangan kering. Sedangkan pada tahun lalu harga tembakau kering sekitar Rp18-23 ribu.

"Harga tersebut untuk tembakau jenis Virginia, juga jenis jawa yang harganya bersaing," ujarnya, Rabu (5/10/2022).

Kenaikan harga tersebut, kata Imam, disebabkan jumlah tanam berkurang dari tahun sebelumnya. Hal itu akibat curah hujan tinggi pada bulan 6-7 lalu dan menyebabkan banyak tembakau yang mati.

Untuk mendukung para petani tembakau, pihaknya juga sudah memberi bibit tembakau gratis pada 22 Mei lalu. Penyerahan dilakukan di area pembibitan Tembakau Virginia Desa Drokilo Kecamatan Kedungadem.

"Saat itu kita siapkan sebanyak 618 bedengan dan sebagian kecil ada juga tembakau jenis jawa. Dari jumlah volume benih tembakau yang ditanam seberat 2,5 kilogram bibit yang bisa mencakup area 750 hektare. Dan kurang lebih dapat dimanfaatkan lebih dari 1000 petani," pungkasnya. (nur/sis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO