Dinas Kesehatan DIY Catat 5 Anak Meninggal Karena Gagal Ginjal Akut Misterius

Dinas Kesehatan DIY Catat 5 Anak Meninggal Karena Gagal Ginjal Akut Misterius Ilustrasi. Foto: Freepik

YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - Dinas Kesehatan Daerah Istimewa (DIY) menemukan 13 kasus gangguan akut misterius.

Kasus tersebut, ditemukan antara Januari-Oktober 2022. Diantaranya, pasien meninggal dunia sebanyak lima orang, dan enam lainnya masih dalam perawatan di RSUP Dr. Sardjito. Sementara dua orang, sudah dinyatakan sembuh.

Berdasarkan data Dinkes setempat, rata-rata penderita penyakit ini adalah usia tujuh bulan sampai 13 tahun.

Dikutip CNNIndonesia.com, Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembajun Setyaningastutie mengatakan, 10 kasus belum diketahui penyebabnya, sisanya disebabkan multisystem inflammatory syndrome (MIS-C) atau komplikasi akibat .

"Tapi yang harus ditengarai adalah urinenya tiba-tiba sedikit atau malah tidak keluar sama sekali. Itu biasanya timbul hari ketiga, kalau sudah seperti itu agak telat. Sehingga gejala ada demam atau tidak ada demam, mual muntah, diare," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito, Banu Hermawan mengatakan, jumlah data yang dipaparkan Dinkes DIY berbeda dengan data yang sudah dirawat.

Menurutnya, jumlah pasien meninggal berdasar data RSUP Dr Sardjito bukan 5 orang, melainkan 4 orang. Masing-masing berusia 1 tahun, 1 tahun 5 bulan, 5 tahun dan 11 tahun.

Lihat juga video 'Detik-Detik Warga Desa Lokki Maluku Nekat Rebut Peti Jenazah Covid-19':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO