Benarkah, Airbag akan Mengembang Meskipun Alami Kecelakaan Ringan?

Benarkah, Airbag akan Mengembang Meskipun Alami Kecelakaan Ringan? Ilustrasi airbag. Foto: Freepik

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Saat pengendara mengalami kecelakaan, biasanya pada yang sudah tersedia , secara otomatis akan mengembang. Namun, dikabarkan bisa mengembang sendiri meskipun, pengendara tersebut mengalami kecelakaan ringan. Maka, bisa dikatakan airbag tersebut aktif meskipun tidak dibutuhkan.

Mengutip Kompas.com, Sabtu, (22/10/2022), hal ini, ditanggapi oleh Technical Leader Nasmoco Demak, Eko Sulistio. Dirinya menyebut, bisa saja airbag aktif meskipun tidak dibutuhkan oleh pengendara, karena proses berdasarkan laporan dari crash sensor.

" akan mengembang bila crash sensor mendeteksi telah terjadi kecelakaan, jadi jenis kecelakaannya bisa bermacam-macam selama sensor tersebut mendeteksi kecelakaan maka airbag akan aktif," katanya.

Menurutnya, crash sensor itu ada dibagian depan, tepatnya pada bagian rangka depan dan disamping.

Dia mengatakan crash sensor tersebut terletak di bagian tertentu, seperti di bagian depan dan samping.

"Sensor tersebut ada di depan lebih tepatnya di area rangka depan, dan di samping di rea pilar samping," ucapnya.

Ia mengatakan, beberapa kecelakan memang bisa mengaktifkan fungsi airbag, apa lagi tersebut dalam keadaan cukup kencang.

"Sistem airbag juga akan memperhitungkan kecepatan , bila kecelakaan tersebut terjadi ketika dalam kecepatan yang masih cukup kencang, maka airbag akan lebih cenderung aktif," katanya.

Jadi, faktanya segala jenis kecelakaan bisa membuat airbag aktif, meskipun kecelakaan tersebut tergolong ringan. Selama crash sensor mendeteksi kecelakaan, maka perangkat itu secara otomatis akan mengembang. (rif)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Ugal-Ugalan! Mobil di Banjarmasin Diamankan Warga dan Polisi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO