Pertumbuhan dan Perkembangan Kucing dari Usia Nol Hingga Dewasa

Pertumbuhan dan Perkembangan Kucing dari Usia Nol Hingga Dewasa Kucing akan berkembang dengan baik apabila diberi nutrisi yang seimbang (foto: pixabay)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kucing merupakan salah satu hewan dari kelas mamalia yang mempunyai struktur gigi yang tajam dan bertaring. Meskipun termasuk binatang karnivora karena pemakan daging, nyatanya, hewan yang satu ini cukup populer di Indonesia karena tingkah dan wajahnya yang menggemaskan.

Bagi pemilik masa pertumbuhan dan perkembangan mulai dari lahir menjadi hal penting. Namun untuk memelihara , tentu bukan persoalan mudah dan butuh kesabaran lebih ekstra.

Pemilik senantiasa harus lebih proaktif untuk merawat dan menjaga dengan sebaik mungkin agar tetap sehat dan menjadi penurut.

Perkembangan Kucing

Memahami siklus perkembangan kehidupan yang dialami dari lahir hingga dewasa akan memastikan mereka mendapatkan nutrisi yang tepat di setiap tahap pertumbuhan dan perkembangan.

Secara umum, dalam sekali melahirkan biasanya betina akan melahirkan anak 3- 6 anak. Proses tahapan pertumbuhan dan perkembangan anak rata-rata hampir sama sesuai usianya.

Masa tumbuh dari lahir hingga dewasa sangat cepat berkembang hanya beberapa bulan saja.

Tahapan Perkembangan Kucing Dari Lahir

Ada beberapa tahapan perkembangan dari usia nol hingga menjadi dewasa yang perlu anda ketahui, diantaranya:

Masa Neonatal (Usia 0 Sampai 4 Minggu)

Tahapan perkembangan pada masa Neonatal dari lahir saat usia masih 0 sampai 4 minggu, umumnya memiliki ukuran berat badan berkisar 100-150 gram pada minggu pertama. Kemudian akan terus bertambah tiga kali lipat dalam 21 hari.

Dalam waktu seminggu, induk akan merangsang anaknya supaya suhu tubuhnya tetap hangat dan bisa buang air besar maupun kecil.

Penghangatan selalu dilakukan induk pada anaknya yang baru lahir. Apabila tidak dilakukan penghangatan maka anak bisa mengakibatkan hipotermia hingga mati. 

Kondisi suhu pada usia anak berada dibawah rata-rata yaitu sekitar 27 derajat celcius. Pemilik sebaiknya membantu menghangatkan anak agar tidak menyebabkan kematian.

Dilansir dari Wikipedia.org, menyatakan bahwa mata anak akan terbuka lebar disaat usia 7 hingga 10 hari walaupun dalam kondisi masih buram. Sehingga anak belum bisa melihat dengan jelas apa yang dilihat depan mata. Namun, perkembangan penglihatan ini akan berkembang dengan sempurna menjelang usia 4 minggu dan bisa melihat apa yang terjadi di depan matanya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO