5 Tanaman yang Dipercaya untuk Mencegah Penyakit Ginjal

5 Tanaman yang Dipercaya untuk Mencegah Penyakit Ginjal Ilsutrasi. Foto: Freepik

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Gagal Ginjal Akut saat ini menjadi perhatian penting sebagai penyakit yang dialami anak-anak. Sisi lain, penyakit ginjal sudah menjadi salah satu penyakit yang cukup serius.

Menurut Kementerian Kesehatan, 6 per 1.000 Penduduk atau sekitar 1.499.400 penduduk di Indonesia, menderita batu ginjal. Dalam hal ini, terungkap juga prevalensi gagal ginjal pada pria sebanyak 0.3 persen, sementara perempuan, 0,2 persen.

Selain menggunakan pengobatan secara medis, menjaga kesehatan ginjal juga perlu dilakukan pencegahan dan juga tidak selalu bergantung pada obat-obatan medis. Khususnya, di Indonesia banyak ditemukan tanaman herbal atau tanaman obat yang dipercaya berkhasiat untuk mencegah penyakit ginjal.

Lantas, tanaman jenis apa saja yang baik untuk mencegah penyakit ginjal?

1. Manggis

Manggis yang bukan merupakan tanaman obat, namun memiliki khasiat untuk mencegah sejumlah penyakit, diantaranya penyakit ginjal. Pada bagian kulit buah ini, memiliki berbagai manfaat.

Berdasarkan hasil penelitian, kulit manggis memiliki kandungan antioksidan, xanthone, polifenol, dan flavonoid.

Secara ilmia, kandungan tersebut berkhasiat sebagai pencegahan ginjal dan memiliki sifat untuk melindungi.

2. Kumis Kucing

Tanaman yang satu ini, sudah dikenal sebagai tanaman obat. Tanaman asli Indonesia ini, memiliki manfaat yang tidak bisa diragukan dalam penanggulangan berbagai macam penyakit.

Pada bagian daunnya, dipercaya dapat menggugurkan batu ginjal. Sebab, dari hasil penelitian, tanaman ini mengandung garam kalium dan ortosifonin.

Kandungan tersebut, berfungsi membantu melarutkan fosfat, oksalat dan juga asam urat pada dalam ginjal.

3. Daun Seledri

Daun Seledri banyak dikenal sebagai penambah cita rasa dalam masakan. Namun, sebenarnya juga terdapat fungsi obat dalam tanaman ini, seperti vitamin C, zat besi, antioksidan dan asam folat.

Dikutip Hellosehat, sejak berabad-abad lalu, daun seledri sudah dikenal dan bermanfaat untuk kesehatan, seperti asam urat hingga penyakit ginjal. Hal ini, sudah dilakukan uji penelitian oleh para peneliti dari University of Alabama.

4. Binahong

Tanaman Binahong, biasanya dikenal sebagai tanaman yang menyembuhkan luka, namun juga dipercaya dapat mengatasi gagal ginjal.

Sifat tanamanan dengan nama latin Anredera cordifolia adalah memiliki sifat antioksidan, anti nyeri, antibakteri dan antiinflamasi yang sangat penting untuk kesehatan tubuh.

5. Buah Delima

Buah Delima, dipercaya memiliki khasiat obat dan bermanfaat merawat kesehatan ginjal. Buah ini, juga mengandung banyak nutrisi, seperti protein, kalsium, zat besi, magnesium, vitamin c, antioksidan, dan kandungan lain yang baik untuk kesehatan lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO