Program CSR Cargill Gresik Komitmen Dukung Tujuan SDGs

Program CSR Cargill Gresik Komitmen Dukung Tujuan SDGs Para narasumber dari PT. Cargill Indonesia-Cocoa and Chocolate Gresik saat memaparkan perkembangan industri dan program CSR dalam media gathering. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - PT. Cargill Indonesia-Cocoa and Chocolate berkomitmen penuh mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs). Khususnya, dalam pengembangan dan pemberdayaan masyarakat di sekitar perusahaan, serta peningkatan kualitas lingkungan hidup.

Antara lain, penyediaan akses air bersih dan pembangunan fasilitas sanitasi, konservasi mangrove di Kecamatan Manyar, pengembangan bank sampah, revitalisasi infrastruktur pendidikan dan kesehatan, pengembangan usaha mikro kecil dan menengah () batik dan program gizi anak sekolah.

Baca Juga: Otak Perampokan Disertai Pembunuhan Agen BRILink di Gresik Belum Tertangkap

"Di tahun 2022, perusahaan pengolah biji kakao dan coklat berbasis di ini telah menyerahkan bantuan 208 akses air bersih di Kelurahan Kroman, Sidokumpul dan Telogobendung, Kecamatan ," ungkap Admin & Relations Manager PT. Cargill , Adi Suprayitno, Selasa (26/10/2022).

Selain itu, kata ia, Cargill juga menyerahkan program 79 jamban sehat di kelurahan Lumpur dan Sidokumpul, Kecamatan .

"Program ini untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) bekerjasama dengan program USAID-IUWASH pada 10 Oktober 2022," tuturnya.

Baca Juga: Kajari Gresik Sebut Sisa Anggaran CSR dari Perusahaan di Desa Roomo Tembus Rp11 Miliar

Sebelumnya di 2021, Cargill  juga membantu pengeboran sumur air bersih dan pembangunan tower air untuk 200 sambungan rumah di Desa Manyarsidorukun, Kecamatan Manyar.

Sebab, air bersih dan sanitasi adalah kebutuhan dasar manusia. Pemenuhan air bersih dan sanitasi yang layak masih menjadi problem di seluruh dunia.

"Karena itulah, pemenuhan atas kebutuhan air bersih, air minum dan sanitasi menjadi tujuan pembangunan berkelanjutan/Sustainable Development Goal’s (SDGs) mulai tingkat Global hingga desa," paparnya.

Baca Juga: ​Pemkab Resmi Ganti Beberapa Acara di Gelaran Jombang Fest 2024, Ini Alasannya

Dijelaskan ia, pembangunan berkelanjutan tersebut menjadi perhatian Cargill . Sebab, Cargill adalah perusahaan yang bergerak di bidang pangan yang mempunyai komitmen dan tujuan untuk menyediakan gizi kepada dunia dengan cara yang aman, bertanggung jawab, dan berkelanjutan termasuk akses air bersih dan sanitasi.

"Bantuan Program CSR berupa fasilitas air bersih dan sanitasi tersebut selain untuk pemenuhan kebutuhan air bersih masyarakat, juga diharapkan turut mendukung program SDG’S Desa tujuan ke-6, yaitu desa layak air bersih dan sanitisasi serta tujuan ke 3 desa sehat dan sejahtera," terangnya.

Dikatakan Adi Suprayitno, hingga saat ini, Cargill bekerjasama dengan Biologi ITS juga terus menjalankan program konservasi 6 hektar mangrove di Kalimireng Manyar yang dibagi dalam zona konservasi, zona edukasi dan zona rekreasi sejak Oktober 2021.

Baca Juga: Adhy Karyono Optimistis Jatim Fest 2024 Jadi Katalisator Pertumbuhan UMKM

Dalam rangka peningkatan kualitas lingkungan hidup di pemukiman sekitar operational, Cargill juga mengembangkan program bank sampah di Desa Manyar Komplek.

Lebih jauh Adi Suprayitno menyatakan, saat ini, tercatat sekitar 760 kepala keluarga (KK) menjadi nasabah aktif dan sekitar 3.040 orang penerima manfaat program bank sampah yang diinisiasi oleh Cargill sejak 2020.

Kegiatan lainnya di bidang pemberdayaan masyarakat. Cargill menggelar pelatihan perancangan desain motif batik mangrove dan penguatan kualitas pengrajin batik bogem. Kegiatan tersebut digelar di Balai Desa Manyar Sidomukti pada 3-8 Oktober 2022.

Baca Juga: Korupsi Hibah UMKM Gresik, Direktur YLBH FT Pertanyakan Status Siska dan Joko

"Pelatihan perancangan desain batik mangrove diharapkan mampu meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat melalui Batik dan merupakan salah satu upaya menjaga dan melestarikan warisan budaya tak benda tersebut," terangnya.

Bagi Cargill meningkatkan kesejahteraan komunitas lokal adalah bagian penting dari komitmennya menjadi warga korporat yang bertanggung jawab.

"Kami juga rutin secara periodik melaporkan kegiatan pemberdayaan dan program CSR ke Pemkab . Ini merupakan bagian dari upaya kami dalam membangun komunikasi positif dan keterbukaan dengan pemerintah daerah," Adi Suprayitno.

Baca Juga: Mimik Idayana dan Sodik Monata Kulineran di Sentra UMKM Alas Kuto Sidoarjo

Kemudian, di bidang pendidikan. Cargill telah merivitalisasi 4 ruang kelas MTs Yasmu, infrastruktur Laboratorium SMA Yasmu Manyar, Kanopi TK NU Manyar dan beasiswa rutin untuk siswa dari keluarga kurang mampu tingkat SD-SMA sederajat, serta program Gizi Anak Sekolah sepanjang 2021- 2022.

Selanjutnya, di bidang Kesehatan. Cargill telah merehabilitasi fasilitas kesehatan melalui pembangunan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) dan taman, pengecatan bangunan dan pembangunan kanopi untuk Klinik Kesehatan Mabbarot Hasyimiyah MWC- NU Manyar periode 2020-2021. 

Di saat masa pandemi, Cargil telah mendistribusikan alat pelindung diri (APD) medis di Rumah Sakit Ibnu Sina (RSUD), Rumah Sakit Graha Husada, Puskesmas Manyar, Klinik MWC-NU Manyar dan Satgas Covid 19 Manyar periode 2020- 2021.

Baca Juga: Polisi Gerebek Arena Judi Sabung Ayam di Panceng

"Atas komitmen tanggung jawab sosialnya ini, Cargill telah menerima beberapa penghargaan dari pemerintah, masyarakat dan media," jelasnya.

Penghargaan dimaksud, antara lain, Indonesia Sustainable Development Goal Award (ISDA) 2021 untuk Program Pengembangan Bank Sampah dari CFCD dan Menteri Koordinator Perokonomian RI.

Lalu, penghargaan dari Pemerintah Kabupaten atas peran aktif dan kontribusi dalam peningkatan akses air bersih dan sanitasi untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) 2022.

Baca Juga: Serahkan Sertifikat Elektronik, Menteri AHY Harap UMKM Pariwisata Terus Berkembang

Selanjutnya, penghargaan dari Bupati atas partisipasi aktif dalam pembangunan melalui koordinasi dan pelaporan program CSR 2022. Selain itu, penghargaan Giri Panca Suar Award 2022 dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) sebagai perusahaan yang mendukung konservasi lingkungan. (hud/sis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO