5 Pemain Termuda Sepanjang Sejarah Piala Dunia, Ada Pemain Barca dan Madrid

5 Pemain Termuda Sepanjang Sejarah Piala Dunia, Ada Pemain Barca dan Madrid Samuel Eto'o masuk dalam daftar pemain termuda sepanjang sejarah Piala Dunia (foto: instagram samueletoo)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gelaran merupakan event empat tahunan yang diimpikan hampir semua pemain sepak bola profesional. Dari pemain muda hingga pemain gaek semuanya ingin tampil di turnamen tersebut.

Ada pemain yang sangat sulit bersaing menembus skuad timnas dan berlaga di . Tetapi, ada juga yang mampu menembus peristiwa bergengsi tersebut di usia yang masih remaja.

Baca Juga: Lapas II B Tuban Gelar Nobar Timnas Indonesia Vs Australia

Meski berada di usia baru belasan tahun, namun mereka mendapat amanat dari negaranya. Para pemain tersebut bahkan tidak canggung menghadapi lawan yang usianya jauh diatas mereka.

Meski pengamat menganggap mereka hanya sebagai ngkap, namun para pemain ini mampu membuktikan kualitasnya. Bahkan di antara para pemain yang beranjak dewasa ini, ada yang langsung memenangkan di usia yang masih sangat belia.

Berikut 5 pemain termuda yang pernah mengalami debut gelaran saat berusia belia.

Baca Juga: Begini Cara Beli dan Harga Tiket Piala Dunia U-17

1.

Pemain termuda dalam sejarah kompetisi jatuh kepada mantan pemain Manchester United, .

dinobatkan sebagai pemain termuda dalam sejarah ketika berusia 17 tahun 40 hari, saat memperkuat Irlandia Utara menghadapi Yugoslavia pada laga 1982 yang digelar di Spanyol. Irlandia Utara kala itu bahkan mampu menggapai babak perempat final.

Baca Juga: Menteri Basuki Sebut Semua Stadion untuk Piala Dunia U-17 Siap Digunakan

Sayangnya karier pemain kelahiran 7 Mei 1965 lebih banyak berkutat dengan cedera. hanya tampil di dua pertandingan senior untuk The Red Devils dan menjadi pemain termuda yang mencetak gol sepanjang masa klub pada hari terakhir musim 1981/1982.

2. Samuel Eto'o

Pemain termuda kedua yang pernah tampil di pentas sepanjang sejarah ialah Samuel Eto'o. Mantan striker Real Madrid dan Barcelona itu menjadi pemain termuda dalam sejarah saat dirinya berusia 17 tahun 98 hari, ketika Kamerun menelan kekalahan dari Italia 3-0 pada 1998.

Baca Juga: Hasil Timnas Indonesia vs Brunei di Kualifikasi Piala Dunia 2026: Garuda Menang 6-0

Pemain kelahiran 10 Maret 1981 menjadi pencetak gol terbanyak bagi Kamerun. Dia juga pernah membawa pulang medali emas ke Kamerun dalam Olimpiade cabang sepak bola.

3. Femi Opabunmi

Di urutan ketiga ada mantan striker timnas Nigeria yang masuk dalam daftar pemain termuda saat usianya 17 tahun, 100 hari, ketika Nigeria melawan Inggris pada 2002.

Baca Juga: 20 Pencetak Gol Terbanyak Timnas Brasil, Neymar Lewati Pele

Nigeria harus pulang lebih awal di Jepang dan Korea Selatan karena tereliminasi pada babak penyisihan grup. Mereka kalah dua kali pada dua pertandingan awal saat menghadapi Swedia dan Argentina.

Namun, saat pertandingan melawan The Three Lions, Nigeria menciptakan sejarah. Mereka memainkan seorang pemain kelahiran 3 Maret 1985, Femi Opabunmi.

Keahlian Opabunmi dalam mengolah bola memang layak masuk tim senior. Bahkan banyak klub-klub besar mengincarnya. Penyakit mata glaukoma membuat dia terpaksa pensiun dari sepak bola karena buta di satu mata.

Baca Juga: Erick Thohir Usulkan Piala Dunia U-17 Digelar di 4 Kota, FIFA Disebut Optimis soal Stadion

4. Salomon Olembe

Pertandingan Kamerun menghadapi Austria di 1998 akan selalu diingat Salomon Olembe, saat itu namanya masuk daftar pemain termuda saat usianya 17 tahun, 184 hari.

Sayangnya, ketika itu timnya ditahan imbang 1-1 melawan Austria pada laga babak penyisihan grup.

Baca Juga: RESMI! FIFA Tunjuk Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-17

Saat berumur 16 tahun dia juga jadi pemain termuda Les Lions Indomptables julukan timnas Kamerun ketika beruji coba melawan Inggris di Wembley.

Dia memiliki karir yang cemerlang bersama Nantes pada Ligue 1. Pemain kelahiran 8 Desember 1980 itu memiliki kemampuan yang makin berkembang hingga 1998 berlangsung.

5. Pele

Baca Juga: Ganjar Tak Menyesal Tolak Timnas Israel, Telp Gubernur Bali soal Atlet Israrel di World Beach Games

Pele berada di urutan terakhir dalam daftar lima pemain termuda dalam sejarah . Bukan hanya sebagai pemain belia, dia juga mencatat sejarah dengan meraih trofi pertama untuk Brasil.

Pemain yang saat usia 17 tahun, 234 hari itu menjalani debut saat melawan Uni Soviet pada babak penyisihan grup dan memberikan satu assist. Pele kemudian menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah gelaran saat perempat final dan membawa Tim Samba menang 1-0 atas Wales.

Pada semifinal, pesepakbola kelahiran 23 Oktober 1940 bahkan mencetak hattrick saat menghadapi Prancis. Di final, Swedia harus merasakan dua gol pemain bernama lengkap Edson Arantes Do Nascimento hingga Brasil meraih gelar pertama usai menang 5-2 atas tuan rumah. (git)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Persiapan ke Piala Dunia, Timnas Disabilitas Sepak Bola Latihan di Pasuruan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO