Perayaan Hari Jadi ke-112, Pemkab Jombang Gelar Pawai Budaya

Perayaan Hari Jadi ke-112, Pemkab Jombang Gelar Pawai Budaya Suasana pawai budaya yang digelar Pemkab Jombang.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Pemkab  menggelar pawai budaya dalam rangka memperingati hari jadi yang ke-112. Agenda bertajuk ' Culture Carnival' itu berlangsung pada hari ini, Minggu (30/10/2022).

Pagelaran pawai budaya diikuti sebanyak 26 kelompok, mulai dari sekolah, organisasi masyarakat, dan lainnya. Mereka menampilkan kreasi tema yang berbeda-beda di antaranya, Legenda Kebo Kicak dan Damarwulan, Gambus Misri, Wayang Topeng Jatiduwur, Wayang Potehi, Grebek Suro, Unduh Unduh, Imlek, Besutan, dan sebagainya.

"Ternyata ini ( Culture Carnival) sangat luar biasa. Kalau tidak ada seperti ini, kita tidak tahu, bagaimana sangat luas sekali para seniman budayawan-budayawan kita, sangat luar biasa," kata Bupati .

Ia mengapresiasi penampilan para peserta yang sangat bagus dan memukau hingga membuat masyarakat sekitar berdecak kagum. Acara ini, kata bupati, juga bertujuan untuk mengenalkan budaya lokal kepada masyarakat luas, tingkat Nasional hingga Internasional.

"Tujuannya agar budaya lokal bisa dikenal secara nasional. Bisa diketahui oleh semua masyarakat sebagaimana Kota Santri ternyata juga memiliki budaya lokal yang luar bisa seperti ini," tutur Mundjidah.

Bupati perempuan pertama di Kabupaten itu berharap, generasi muda di wilayahnya lebih mencintai budaya lokal warisan leluhur. Ia pun menyatakan bakal menjadikan kegiatan ini digelar setiap tahun.

Arak-arakan pawai budaya lokal digelar dengan berjalan kaki sejauh 1,5 km melintasi sepanjang Jalan KH Wahid Hasyim dan berakhir di Alun-alun . Ribuan masyarakat tampak tumpah ruah menyaksikan acara tersebut.

Di lokasi lokasi finish, Bupati dan wakilnya, Sumrambah serta Forkopimda menyambut para peserta dari atas panggung. Mereka pun melakukan atraksi dengan menunjukkan berbagai kreasi dan keunikannya di depan panggung utama. (aan/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Video Vanessa Angel dan Suami Kecelakaan di Tol Jombang, Anak Selamat':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO