Pentingnya Air Bagi Tubuh: Anjuran Minum Air 7-8 Gelas Perhari

Pentingnya Air Bagi Tubuh: Anjuran Minum Air 7-8 Gelas Perhari Ilustrasi air minum. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Air merupakan pembentuk sel dan cairan utama tubuh manusia. Air juga merupakan zat yang sangat cepat diabsorbsi di dalam tubuh. Air dapat mencapat pembuluh darah manusia dalam waktu 5 menit dan bertahan hingga 10-50 hari.

Manusia membutuhkan air dalam tubuhnya sebanyak 70-80%, makanan hanya mampu mencukupi kadar air bagi tubuh sebesar 20%. Maka dari itu bagi orang dewasa laki-laki, dianjurkan minum sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2 liter per hari. Sedangkan perempuan sebanyak 1,75 liter atau 7 gelas per hari. Tetapi keadaan ini dapat dipengaruhi oleh aktivitas fisik dan kondisi kesehatan tiap individu.

Pentingnya air bagi tubuh manusia juga dapat terlihat dari efek jika manusia kekurangan cairan. Efek atau dampak jangka pendek jika tubuh kekurangan cairan ialah perubahan mood, sakit kepala, mulut dan mata terasa kering, serta penurunan konsentrasi.

Efek jangka panjangnya ialah penurunan fungsi ginjal, infeksi saluran kemih, sulit BAB, serta peningkatan resiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, obesitas, stroke, kencing manis.

Agar tetap menjaga kebutuhan air bagi tubuh, Anda dapat melakukan hal berikut:

-Minum setiap 1-2 jam

Lihat juga video 'Terbukti! Cara ini Basmi Kecoa di Mobil Anda':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO