Sendratari Kadiri dan Seni Reog Jaran Panoleh Tampil di Balai Kota Kediri

Sendratari Kadiri dan Seni Reog Jaran Panoleh Tampil di Balai Kota Kediri Salah satu kelompok tari yang menampilkan tarian khas Kediri. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Akhir pekan di Balai Kota kemarin tidak seperti biasanya. Tampak para seniman tari lengkap dengan atribut tarinya bersiap untuk tampil unjuk kreasinya dalam helatan Balai Kota Performance Art.

Balai Kota Performance Art berlangsung selama dua hari, yakni Sabtu (26/11/2022) malam dengan pertunjukan . Sedangkan pada Minggu pagi (27/11/2022), ditampilkan seni Jaran Panoleh.

Kegiatan yang tak biasa ini sengaja digelar oleh Pemkot melalui dinas kebudayaan, pariwisata, pemuda dan olahraga (disbudparpora) sebagai wujud komitmen pemerintah daerah setempat bersama masyarakat melestarikan kebudayaan dan tradisi Kadiren.

Kepala Disbudparpora Kota , Zachrie Ahmad, mengatakan penambilan dan reyog jaran itu sebagai bentuk apresiasi atas keberadaan seniman tari di Kota .

"Kita patut mengapresiasi para seniman-seniman tari yang ada di Kota . Berkat mereka kebudayaan masih tetap lestari dan bisa kita nikmati dalam sebuah pertunjukan yang menarik hati," ujarnya, Senin (28/11/2022).

Menurut dia, menjaga kelestarian kebudayaan baik itu berupa seni maupun kearifan lokal sudah menjadi tanggung jawab bersama. 

"Kami sangat senang sekali, karena masyarakat Kota turut berperan aktif dalam menjaga kebudayaan asli daerah dan kearifan lokal yang menjadi identitas asli dari . Jika bukan dari masyarakatnya sendiri yang memiliki kesadaran, merawat kebudayaan akan terasa sulit. Tapi karena ini berangkat dari kesadaran diri, hal itu terasa menyenangkan," paparnya.

"Kami berharap, berangkat dari kegiatan semacam ini kesadaran masyarakat Kota dalam melestarikan kebudayaan dan tradisi daerah semakin terpupuk. Dengan sinergi yang baik antara pemerintah dan masyarakat, kami yakin kelestarian budaya kita akan tetap terjaga," imbuhnya.

Helatan Balai Kota Performance Art ini didukung oleh penampilan berbagai kelompok seniman tari yang eksis di Kota dengan fragmen cerita yang beragam. Yakni Tari Arohara & Genjring (MAN 1 ), Tari Gama Acintya dan Yan’ku (Seni Tari Smekga), Tari Tahu Kuning dan Medley Nusantara (CK Dance), Tari Gregah dan Tari Kembang Abang (Sanggar Budaya Nusantara), Tari Semirang dan Topeng Panji (Tradata) serta Kesenian ‘Jaran Panoleh’. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Tim BPK Wilayah XI Teliti Tugu Tapal Batas di Kediri, Diduga dari Abad ke-13 ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO