7 Manfaat Ikan Kakap Putih yang Baik untuk Kesehatan

7 Manfaat Ikan Kakap Putih yang Baik untuk Kesehatan Ikan kakap putih menyimpan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. (foto: pixabay)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kakap putih atau Ikan Barramundi merupakan suatu jenis Ikan yang berpindah dalam keluarga Latidae dari ordo Perciformes.

Ikan yang mempunyai bentuk tubuh memanjang dengan mulut yang besar ini tersebar luas di wilayah Hindia-Pasifik Barat mulai dari Asia Tenggara sampai Papua New Guinea dan Australia Utara.

Asian sea bass (kakap laut Asia) atau Australian sea bass (kakap laut Australia) merupakan nama yang diberikan oleh komunitas ilmiah internasional.

Kandungan Nutrisi Ikan Kakap Putih atau Barramundi

Ikan kakap putih memiliki setengah jumlah kalori dari ikan salmon. Ikan yang terkenal dengan sebutan Pla kapong di Thailand dan Barramundi di Australia juga kaya akan asam lemak omega-3 yang sangat berguna untuk kesehatan otak dan kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah). Satu porsi putih (sekitar 168 gram) mengandung 34 gram protein tanpa lemak yang menyehatkan tubuh .

Ikan barramundi juga mengandung sejumlah mineral dan vitamin penting bagi tubuh, seperti vitamin A, vitamin D, kalsium, selenium, natrium, kalium, dan zat besi. Bukan hanya itu, ikan yang menjadi komoditas budidaya laut unggulan di Indonesia ini tergolong jenis ikan yang aman dikonsumsi karena kandungan merkuri yang rendah.

Berikut adalah manfaat putih atau barramundi yang baik untuk kesehatan.

1. Melindungi Kesehatan Otak

Manfaat putih atau ikan barramundi adalah melindungi kesehatan otak. Ikan yang satu ini mengandung asam lemak omega-3 yang dapat menjaga kesehatan otak, serta sebagai nutrisi tambahan yang baik untuk pola makan sehari-hari Anda.

2. Memperkuat Kesehatan Tulang

Manfaat putih selanjutnya juga terdapat berbagai kandungan mineral di dalamnya. Kandungan kalsium, magnesium, selenium, zinc, dan mineral penting lainnya yang dibutuhkan untuk melindungi tulang.

Dengan tercukupinya kebutuhan harian mineral tersebut, kekuatan dan kesehatan tulang dapat terjaga dalam jangka panjang.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO