Hasil Survei ARCI: Elektabilitas Khofifah Teratas untuk Pigub Jatim 2024

Hasil Survei ARCI: Elektabilitas Khofifah Teratas untuk Pigub Jatim 2024 Hasil survei ARCI.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Lembaga survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) mengumumkan elektabilitas calon yang berpotensi dalam Pilgub Jatim 2024. Hasilnya, Indar Parawansa masih unggul jauh dari yang lain.

"Saat ini, elektabilitas masih dominan, belum ada calon atau nama lain yang mendekati elektabilitas . Yang menarik, elektabilitas Heru Tjahjono, mantan Sekdaprov Jatim terus merangkak naik," kata Direktur, Baihaki Sirajt, Rabu (30/11/2022).

"Heru dianggap berhasil oleh masyarakat terkait mudahnya pelayanan birokrasi di eranya dan sosoknya yang dianggap peduli ke rakyat bawah. Suaranya bagus di masyarakat Mataraman," imbuhnya.

Sejumlah nama ketua partai poilitik di Jawa Timur bermunculan dalam elektabilitas calon gubernur pada pesta demokrasi mendatang, seperti yang saat ini menjabat sebagai wakil gubernur dan ketua partai berlambang bintang mercy (Demokrat).

Kemudian, ada nama Ketua PDIP Jatim, Kusnadi; Ketua Gerindra Jatim, Anwar Sadad; Ketua Golkar Jatim, M Sarmuji; Ketua PKB Jatim, Abdul Halim Iskandar; Ketua PKS Jatim, Irwan Setiawan; dan Ketua PPP Jatim Mundjidah Wahab.

Sedangkan Heru Tjahjono atau yang akrab disapa 'Pak Carik' ini membuat kejutan dalan kontestasi itu. Mantan Bupati Tulungagung dua periode itu mengalami kenaikan dibandingkan survei sebelumnya.

Dari angka 2,25 persen pada survei awal Juli 2022, meningkat menjadi 4,30 persen pada September 2022, kini naik lagi menjadi 5,1 persen di November 2022. Elektabilitas Heru mengungguli 5 ketua partai di Jawa Timur dan 4 kepala daerah.

Mereka adalah Ketua PKB Jatim Abdul Halim (3,2 persen), Ketua Golkar Jatim Sarmuji (4,1 persen), Ketua PDIP Jatim Kusnadi (1,8 persen), Ketua PKS Jatim Irwan Setiawan (0,9 persen) dan Ketua PPP Jatim Mundjidah Wahab (0,4 persen).

Sedangkan, empat kepala daerah yang kalah elektabilitas dengan Heru Tjahjono adalah Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (3,9 persen), Bupati Sumenep Achmad Fauzi (1,9 persen), Bupati Lumajang Thoriqul Haq (0,5 persen), dan Bupati Jombang Mundjidah Wahab (0,4 persen).

Menurut Baihaki, angka-angka elektabilitas ketua parpol di Jatim masih kecil, dan perlu kerja keras menaikkan elektabilitas, jika mereka ingin serius maju menjadi cagub.

Untuk diketahui, survei dilakukan pada 10-20 November 2022. menggunakan metodologi multistage random sampling dengan 1.200 responden. Survei ini memiliki margin of error sebesar 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Berikut hasil survei elektabilitas calon yang berpotensi mengikuti Pilgub Jatim 2024:

1. Indar Parawansa: 37,5 persen

2. Emil Elestianto Dardak: 12,2 persen

3. Tri Rismaharini: 5,1 persen

4. Saifullah Yusuf: 3,9 persen

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO