6 Penyebab Perut Buncit yang Perlu Anda Ketahui

6 Penyebab Perut Buncit yang Perlu Anda Ketahui Kurang tidur menjadi salah satu penyebab perut buncit. (Pixabay)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Perut buncit memang mampu membuat orang kurang percaya diri. Tidak hanya itu, kondisi ini bisa memicu obesitas dan timbulnya penyakit kronis seperti penyakit jantung serta diabetes.

Perut buncit atau obesitas sentral umumnya bisa disebabkan adanya penimbunan lemak diakibatkan kolesterol, mengonsumsi karbohidrat, hingga lemak dalam jumlah yang tinggi tanpa dibarengi dengan aktivitas olahraga yang cukup.

Perlu diketahui, ada dua jenis lemak yang bisa membuat yaitu visceral dan subkutan. Subkutan ialah lapisan lemak yang berada tepat di bawah kulit. Sementara, Visceral merupakan lemak yang mengelilingi hati dan organ perut lainnya.

Kita harus menjaga keseimbangan 2 jenis kadar lemak ini agar dapat mencegah obesitas, , dan risiko penyakit tertentu.

Menghindari makanan atau minuman tertentu, serta menjauhi kebiasaan yang bisa jadi merupakan salah satu cara untuk menjaga keseimbangan lemak visceral dan subkutan.

Berikut 6 yang perlu Anda ketahui:

1. Alkohol

Mengonsumsi alkohol yang berlebih dapat menjadi pemicu , penyakit hati, obesitas, peradangan, kanker, dan banyak gangguan kronis lainnya.

Seperti yang kita ketahui, bahwa kenaikan berat badan seringkali disebabkan oleh asupan minuman beralkohol, hal tersebut juga berlaku pada obesitas sentral atau , dimana orang yang menenggak minuman beralkohol memiliki resiko besar akan .

Minuman beralkohol dapat menyulut adanya peningkatan aktivitas neuron otak yang menjadikan orang tersebut menjadi mudah merasa lapar. Hal tersebut berangkaian dengan bagaimana banyak orang yang suka menenggak minuman beralkohol memiliki gangguan berat badan dan perut yang buncit.

2. Mengonsumsi Gula Berlebihan

Mengonsumsi gula yang berlebihan menjadi salah satu selanjutnya. dimana menurut Kementerian menerangkan bahwa kadar gula yang direkomendasikan kepada seseorang setiap harinya adalah 10 persen dari total energi yaitu kurang lebih 50 gram per hari, atau empat sendok makan.

Beberapa orang mengonsumsi minuman atau makanan dengan kadar gula berlebihan tanpa memperhatikan kebutuhan harian mereka. Contoh minuman dan makanan gula misalnya, soda, muffin, kue kering, makanan kemasan, hingga minuman berenergi. Minuman dan makanan manis tersebut ternyata menjadi pemicu karena asupan kalori dan kandungan gula yang berlebihan.

3. Menopause

Lihat juga video 'Terbukti! Cara ini Basmi Kecoa di Mobil Anda':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO