DPMD Lamongan Gelar Pembekalan untuk 125 Kepala Desa Terpilih

DPMD Lamongan Gelar Pembekalan untuk 125 Kepala Desa Terpilih Suasana pembekalan yang dilakukan DPMP Lamongan kepada 125 kepala desa terpilih. Foto: NUR QOMAR HADI/BANGSAONLINE

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menggelar pembekalan bagi 125 kepala desa terpilih hasil Pilkades Serentak gelombang 1 dan 11, Rabu (7/12/2022).

"Tugas kepala desa sangat berat, sehingga perlu diberikan pembekalan agar memahami tupoksinya. Pembekalan ini penting bagi kepala desa selama menjalankan tugas 6 tahun ke depan dalam memimpin desa, penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pembinaan kemasyarakatan," kata Kepala DPMD , Mohammad Zamroni.

Menurut dia, diperlukan seorang figur pemimpin yang mampu menjadi pengayom, pembimbing dan pemimpin rakyat pada sebuah desa. Selain itu, seorang kepala desa memiliki peran strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, dan harus mampu merangkul semua elemen masyarakat.

“Libatkan BPD dan LPM sebagai mitra kerja di desa, karena mereka sebagai penentu keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan, yang akhirnya menjadi faktor pendukung dalam menentukan keberhasilan pembangunan daerah," paparnya.

Zamroni juga berpesan kepada para kepala desa terpilih untuk menjalankan tugas sesuai dengan RPJMDes yang memuat visi-misi, tujuan, strategi, kebijakan, dan program, serta dilaksanakan secara partisipatif melibatkan lembaga kemasyarakatan dengan disusun secara sistematis, terarah, terpadu.

Ia menambahkan, pembekalan ini bertujuan untuk memberikan dasar-dasar kepemimpinan kepada kepala desa, memberikan pemahaman dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, menyelaraskan arah pembangunan desa dengan RPJMD . (qom/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO