Halaqah Fiqih Peradaban Bangsa di PP Ibnu Cholil, KH Zulfa: Khilafah Tak Diperintahkan oleh Agama

Halaqah Fiqih Peradaban Bangsa di PP Ibnu Cholil, KH Zulfa: Khilafah Tak Diperintahkan oleh Agama Dari kiri, KH. Syafi' Rofiie, Ketua PCNU Kabupaten Bangkalan KH. Makki Nasir, dan KH. Zulfa Mustofa saat Halaqah Fiqih Peradaban Bangsa Siyasah antara Perang dan Damai di PP. Ibnu Cholil, Kamis (15/12/2022).

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Nahdlatul Ulama (NU) merupakan poros penting untuk menjaga ajaran ahlussunnah waljamaah dan mengawal dalam NKRI. Hal itu disampaikan KH. Zulfa Mustofa saat menjadi keynote speaker di Halaqah Fiqih Peradaban Bangsa Siyasah di Pondok Pesantren Nurul Cholil Bangkalan, Kamis (15/12/2022).

Dalam paparannya, Kiai Zulfa juga menyinggung sistem negara berbentuk yang saat ini diperjuangkan sejumlah kelompok. Menurutnya, hanyalah satu dari sekian banyak sistem yang pernah menjadi bagian dari sejarah, dan merupakan produk ijtihad politik biasa.

"Khilafah bukan sesuatu yang diperintahkan oleh agama.  itu tidak pernah mengajarkan bentuk negara, tapi diberikan, mana yang paling maslahat untuk kepentingan umatnya," tuturnya.

Ia menegaskan, pada dasarnya mengajarkan umatnya agar senantiasa untuk rukun dan damai serta menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama sebagai mana yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW.

"Berperang itu bukanlah pilihan atau bukanlah perintah utama, melainkan pilihan ketika orang lain memerangi," tutupnya.

Halaqah tersebut dihadiri oleh para kiai, pengurus PCNU Bangkalan, serta para pengurus pondok pesantren di Bangkalan. (mil/uzi/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Khilafah Proyek Politik Inggris? Ini Alasan Hizbut Tahrir Bolehkan Cium Cewek Bukan Muhrim':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO