Bupati Ponorogo akan bangun Museum Peradaban di Kawasan Monumen Reog

Bupati Ponorogo akan bangun Museum Peradaban di Kawasan Monumen Reog Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko saat meninjau pameran pusaka di Pendopo Kecamatan Slahung. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Bupati akan membangun museum peradaban di kawasan , di atas Kecamatan Sampung.

Hal tersebut disampaikan Sugiri yang merupakan mantan wartawan HARIAN BANGSA, di sela-sela meninjau pameran pusaka dalam rangka pagelaran budaya djoyo negoro di Pendopo Kecamatan Slahung, Kabupaten , Rabu (21/12/2022) sore.

Menurutnya, museum tersebut nantinya akan memamerkan benda-benda peninggalan masa lalu. Seperti peninggalan masa Kerajaan Wengker, Mojopahit, sejarah peradaban seperti sejarah reyog, Tegalsari, dan lainnya.

"Bagaimana Wengker masa lalu, bagaimana (model) rambut zaman Majapahit, dan benda peninggalan masa lalu lainnya, (semuanya) akan dikumpulkan dan disatukan di museum peradaban yang kelak akan bisa dinikmati masyarakat, terutama anak-anak zaman Z ini," kata Sugiri saat berbincang-bincang dengan BANGSAONLINE.

"Di masa peradaban saat ini, kita harus mampu menerjemahkan warisan leluhur. Keris merupakan warisan masa lalu, maka dari itu harus diuri-uri oleh kita semua. Maka dari itu, saya sangat mendukung segala upaya untuk melestarikan warisan masa lalu seperti seperti yang digelar oleh pegiat budaya di Pendopo Kecamatan Slahung ini," imbuhnya.

Seperti diketahui, Pemerintah Kabupaten juga akan membangun setinggi 126 meter dengan alokasi anggaran Rp90 miliar. Bila monumen reog ini terwujud, maka akan mengalahkan ketinggian Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO