Tiga Penumpang Mobil Tewas Akibat Kecelakaan Kereta Api di Ngawi, Kapolda: Ada Kelalaian Petugas

Tiga Penumpang Mobil Tewas Akibat Kecelakaan Kereta Api di Ngawi, Kapolda: Ada Kelalaian Petugas Kapolda Jatim, Toni Harmanto saat diwawancarai awak media, Selasa (27/12/2022)

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Polisi mendalami insiden kecelakaan dengan kendaraan roda empat yang terjadi beberapa waktu di Desa Keras, Kecamatan Geneng, Kabupaten .

Penyidik Polda Jatim bersama Polres menduga penjaga palang pintu perlintasan di Desa Keras tersebut lalai, sehingga mengakibatkan korban meninggal dunia.

Baca Juga: Tingkatkan Keamanan Area Pesisir, Pemkab Blitar Dukung Pembentukan Satpolairud di Wilayahnya

"Kita akan evaluasi siapa yang akan bertanggung jawab dengan pidana Pasal 359 karena kelalaian Petugas Penjaga Pintu Perlintasan Kereta Api, sehingga 3 orang meninggal dunia ini masih didalami," jelas Kapolda Jawa Timur Toni Harmanto di Surabaya, Senin (27/12/2022).

Hingga saat ini, menurut Toni, tim penyidik dari Polres , telah memeriksa sebanyak 15 saksi termasuk korban, saksi di lokasi kejadian, PT KAI dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Kementerian Perhubungan RI.

Ia mengatakan, dari keterangan saksi, untuk penjaga palang pintu perlintasan , seharusnya tidak ada kata lalai, sebab, pihak Pemimpin Perjalanan Kereta Api (), selalu memberikan informasi kepada penjaga, bahwa akan ada yang melintas pada perlintasan tersebut, baik melalui telepon maupun Genta.

Baca Juga: Polisi Selidiki ​Penemuan 2 Kerangka Manusia di Rumah Pompa Wonorejo 1

Namun, jika alat bantu itu rusak atau tidak berfungsi, menurutnya, penjaga palang pintu perlintasan harus melaporkan ke stasiun.

"Karena fungsi telepon dan genta baik, sesuai keterangan fakta saksi, ini diduga adanya kelalaian penjaga palang pintu perlintasan sehingga palang pintu terlambat menutup, sehingga mengakibatkan Sancaka melaju kencang menabrak kendaraan Kuda ," terang Tono Hermanto, saat diwawancarai, Selasa (27/12/2022).

Tono menyebut, pemeriksaan sementara, menunjukkan tidak mengalami masalah, sehingga ada dugaan terjadi kesalahan pada sumber daya manusia, yaitu masinis atau asisten masinis yang bertugas.

Baca Juga: Turnamen Bola Voli Kapolri Cup 2024, Tim Putra dan Putri Jatim Raih Kemenangan Perdana

Namun, penyelidikan sementara dari laporan yang diperoleh Kapolres , AKBP Dwiasi Wiyatputera, mengarah ada dugaan, saat itu ada kelalaian petugas penjaga pintu palang , karena ketiduran, sehingga terlambat membunyikan genta dan tidak menerima telepon dari .

Toni menambahkan, kejadian kecelakaan menonjol di perlintasan harus diusut tuntas, supaya tidak berulang yang mengakibatkan nyawa masyarakat meninggal dunia.

"Yang bersangkutan sudah dites urine hasilnya negatif, ketiduran sepertinya karena mungkin kelelahan bekerja," tutur Toni.

Baca Juga: Polda Jatim Gelar Sarasehan Media Jelang Pilkada 2024

Sebelumnya, terjadi terjadi kecelakaan di perlintasan Desa Keras, Kecamatan Geneng, Kabupaten , pada Jumat 23 Desember 2022, sekitar pukul 2.30 WIB. Dari kecelakaan tersebut, Kereta Api Sancaka menabrak mobil Mitsubishi Kuda yang mengakibatkan tiga orang meninggal dunia. (nal/sis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Akhirnya, Putra Kiai Jombang Tersangka Pencabulan Santriwati Serahkan Diri ke Polda Jatim':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO