KKN di Sidoarjo, Mahasiswa Unipa Surabaya Gelar Seminar Cegah DBD

KKN di Sidoarjo, Mahasiswa Unipa Surabaya Gelar Seminar Cegah DBD FOTO BARENG: Mahasiswa Unipa Surabaya bersama dengan warga Desa Keper Krembung saat seminar pencegahan DBD. Foto: Ist.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Sejumlah mahasiswa Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya menggelar beberapa program saat melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) di Kecamatan Krembung, Sidoarjo. Salah satu programnya, terkait bidang kesehatan.

Program bidang kesehatan ini yakni menggelar seminar bertajuk "Memberdayakan Hidup Bersih dan Bebas dari Jentik-Jentik Nyamuk Guna Terciptanya Kedamaian", Kamis (29/12/2022) lalu.

Seminar bertempat di kantor desa setempat itu diikuti puluhan warga dengan menghadirkan salah satu pegawai Puskesmas Kedungsolo Porong, Sulis Triyono. Tujuan seminar ini, mengajak warga agar menjalani hidup sehat dan berperilaku hidup bersih di lingkungan tempat tinggal masing-masing dengan harapan terhindar dari penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang ditularkan melalui nyamuk.

Dalam seminar ini, Sulis Triyono menyatakan pernah menjadi desa endemis pada enam tahun lalu. Hal itu disebabkan saat adanya warga yang tertular DBD.

Dalam paparannya, Sulis menjelaskan empat cara mencegah berkembangbiaknya nyamuk Aedes Aegypti. Yakni pertama melakukan penghijauan di sekitar wilayah desa, bisa dengan menanam tanaman yang tidak disukai oleh nyamuk, misalnya lavender.

Cara kedua dengan melakukan gerakan 3M plus, yakni menutup; menguras; dan mengubur. Cara yang ketiga, mendaur ulang sampah dengan 3R (reduce, reuse, recycle). "Dan yang keempat melakukan pemantauan jentik nyamuk setiap bulan," beber Sulis.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO