Mengintip Wisata Mural di Kebonsari Jember

Mengintip Wisata Mural di Kebonsari Jember Warga Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Sumbersari, Jember, saat melukis mural.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Wisata mural yang digagas Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Sumbersari, , merupakan hasil dari kerja swadaya warga setempat dan dengan sedikit bantuan sponsor dari salah satu merek cat. Hal tersebut sudah direncanakan jauh hari, terintegrasi dengan segenap lapisan masyarakat sekitar.

"Seingat saya sudah 3 bulan yang lalu kita kumpul dengan tokoh masyarakat, bersama masyarakatnya, pelukisnya, kemudian kita gagas kegiatan di Kelurahan Kebonsari," kata Camat Sumbersari, Regar Jeane, Kamis (5/1/2023).

Ia pun mengungkapkan alasannya soal memilih kelurahan itu, sebab di Kecamatan Sumbersari yang notabene wilayah administratif kota masih banyak daerah yang lain. Setidaknya ada 7 kelurahan, yakni Antirogo, Karangrejo, Kranjingan, Sumbersari, Tegalgede, Wirolegi, dan Kebonsari.

“Karena memang talent-talentnya banyak di Kebonsari. Lukisan mural ini kami tidak panggil (pelukis) dari luar. Ini adalah murni dari kreativitas masyarakat Kelurahan Kebonsari,” ucapnya.

Menurut dia, selain bermuara pada pembentukan destinasi wisata, hal itu juga dapat mengeksplorasi dan mengekspose daya kreativitas warga, serta merekatkan hubungan agar semakin guyub rukun dan tetap memiliki semangat bergotong- royong.

“Memang ini harus bertahap, karena murni swadaya masyarakat. Nanti ke depan, kita harapkan semua gang yang ada di Kelurahan Kebonsari bisa mengikuti menjadi Wisata Mural,” tuturnya.

Sehingga, dapat dinyatakan bahwa Kelurahan Kebonsari akan dibranding sebagai pemilik di . Sementara itu, dukungan dari pihak pemerintah kecamatan mengakomodir ide dan gagasan warga, selebihnya warga dituntut agar dapat mengeksekusi serta mengembangkan kreativitas. 

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO