Berikut Pesan Menteri PUPR saat Resmikan Proyek Tol Probolinggo-Banyuwangi

Berikut Pesan Menteri PUPR saat Resmikan Proyek Tol Probolinggo-Banyuwangi Ilustrasi.

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Pembangunan Jalan Tol -Banyuwangi (Probowangi) resmi dimulai, Senin (6/2/2023). Peresmian ini ditandai dengan penekanan tombol oleh , Basuki Hadimuljono, di Desa Pendil, Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten .

Rencananya, pembangunan Tol Probowangi ini akan dibangun secara bertahap. Tahap pertama dimulai dari Ruas Jalan Gending-Besuki dengan luas 49,7 KM. Sementara, tahap kedua akan dimulai dari ruas Jalan Besuki-Asembagus.

Terakhir, adalah tahap ke III dari ruas Jalan Asembagus-Banyuwangi. Pembangunan Tol Gending-Paiton ditarget selesai agustus 2024 dan Paiton-Besuki ditarget selesai di akhir 2024 mendatang.

Dimulainya pembangunan Tol Probowangi ini ditandai dengan berlangsungnya Groundbreaking (peletakan batu pertama) Jalan Tol -Banyuwangi Ruas (Gending)-Besuki.

Ada hal yang menarik yang disampaikan , ia mewanti-wanti agar kualitas pembangunan tol ini dapat dipertanggungjawabkan.

"Jangan main-main dengan kualitas. Kalau nanti tidak sesuai, saya bongkar. Saya tidak segan-segan dan semua harus dapat dipertanggungjawabkan dengan baik," ujarnya.

Tidak hanya itu, ia memaparkan jika Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) Tol -Banyuwangi telah ditandatangani pada 2017. Namun, terdapat beberapa permasalahan baik teknis maupun non-teknis, sehingga proses pembangunannya baru bisa dimulai tahun ini, itupun baru ruas Tol Gending-Besuki.

"Yang groundbreaking sekarang ini yang sudah siap semua, teknis, dan anggarannya Rp10,7 triliun itu dari sampai ke Besuki," tuturnya.

Dia pun berharap pembangunan Tol Gending-Besuki bisa selesai lebih cepat dari waktu yang ditargetkan, serta ruas yang diselesaikan bisa lebih panjang, alias tidak hanya sampai Besuki.

"Kalau yang Gending sampai ke Besuki targetnya (selesai) paling lambat Oktober 2024, tapi saya ingin dipercepat (waktu penyelesaiannya) dan panjangnya (ruas) diperpanjang (tak hanya sampai Besuki)," tutur .

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO