Tingkatkan Kesadaran Berlalu Lintas, Polres Tuban Gelar Operasi Keselamatan Semeru 2023

Tingkatkan Kesadaran Berlalu Lintas, Polres Tuban Gelar Operasi Keselamatan Semeru 2023 Suasana apel Operasi Keselamatan Semeru 2023 yang berlangsung di Mapolres Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Polres  menggelar apel gelar pasukan dalam rangka menciptakan kondisi keamanan keselamatan dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas), Selasa (7/2/2023).

"Operasi ini diselenggarakan sebagai upaya cipta kondisi Kamseltibcarlantas menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri 2023," kata Kapolres , AKBP Rahman Wijaya, saat membacakan amanat Kapolda Jatim.

Perwira menengah itu menjelaskan, perkembangan kehidupan masyarakat yang cepat menjadikan permasalahan lalu lintas dan angkutan jalan semakin kompleks serta dinamis, khususnya dalam keselamatan berlalu lintas.

Sedangkan menurut hasil anev pelaksanaan operasi keselamatan pada 2021 dan 2022 baik pelanggaran serta kecelakaan lalu lintas mengalami kenaikan. Hal itu disebabkan kurangnya kesadaran masyarakat dalam mematuhi aturan berlalu lintas.

"Sehingga, dibutuhkan peran seluruh stakeholder untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalulintas," kata Rahman.

Mantan Kapolres Sumenep itu menambahkan, dalam pelaksanaannya kepolisian mengedepankan tindakan preventif dan preemtif dengan didukung kegiatan intelejen dan penegakan hukum secara selektif prioritas khususnya kepada pelanggaran lalulintas yang menimbulkan fatalitas Lakalantas.

Dengan dilaksanakan operasi keselamatan Semeru tersebut dapat memberikan edukasi kepada masyarakat dalam hal tertib berlalulintas guna mewujudkan keamanan dan keselamatan berlalulintas sebagai perwujudan program pemerintah sesuai Perpres no 1 tahun 2022 tentang rencana umum keselamatan lalulintas dan angkutan.

"Operasi ini melibatkan 75 personel dibantu instansi terkait dan dilaksanakan selama 14 hari terhitung mulai tanggal 7-20 februari 2023," imbuh Rahman. (gun/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO