Gubernur Khofifah Bangga, Ekstrak Kelor Bikin Siswi SMAN 5 Surabaya Juara di Taiwan

Gubernur Khofifah Bangga, Ekstrak Kelor Bikin Siswi SMAN 5 Surabaya Juara di Taiwan Nathania, siswi SMAN 5 Surabaya yang meraih juara 1 Taiwan International Science Fair 2023.

BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur, Indar Parawansa, mengaku bangga lantaran siswi , Nathania, berhasil mengukir prestasi di Taiwan International Science Fair (TISF) 2023. 

Dalam ajang yang diikuti pelajar dari 22 negara tersebut, ia berhasil mendapatkan gelar first place atau juara 1 kategori Medicine and Health Science melalui penelitiannya tentang ekstrak . Nathania menjadi satu-satunya pelajar Indonesia yang sukses mendobrak keketatan kompetisi bergengsi itu sejak digelar enam tahun lalu.

Selain memberi selamat, menegaskan bahwa dunia kini memang membutuhkan pelajar inovatif di bidang sains dan teknologi. Apa yang dilakukan Nathania menjadi bukti, Jawa Timur bisa melahirkan peneliti muda yang tak kalah dengan peneliti luar negeri.

"Selamat untuk anakku Nathania. Prestasi yang berhasil diukir sekaligus membuktikkan bahwa pendidikan Jawa Timur mampu melahirkan peneliti muda berkualitas yang layak diperhitungkan oleh negara di kancah global," ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima BANGSAONLINE.com, Kamis (16/2/2023).

Dalam TISF 2023, Nathania mengusung inovasinya tentang ekstrak daun bertajuk Moringa Extract (Moringa Oliefera) based Silver Nanoparticle Sisal Fabric as Antibacterial Againts Methicillin-Resistant Staphylococcus Aureus. Inovasi ini dinilai paling inovatif sehingga sukses mengantarkan Nathania mengalahkan 21 negara dunia.

Sebelumnya Nathania juga merupakan peraih medali perak pada ajang National Science Fair for Indonesian Adolescets atau NASFIA 2022 yang diselenggarakan oleh Indonesia Scientific Society (ISS) secara online pada bulan November 2022 silam.

Topik penelitian yang dipilih Nathania yang memanfaatkan bahan-bahan lokal yang ada di masyarakat Indonesia daun dan kain sisal mendapatkan apresiasi dari Gubernur .

“Ada semangat IKI (Inisiatif, Kolaborasi dan Inovasi) dari seorang Nathania. Dimana penelitian yang dia lakukan sarat akan upaya memberikan solusi dan inovasi yang tentunya bermanfaat untuk keilmuan,” tegasnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO