6 Banjir Besar yang Pernah Terjadi di Seluruh Dunia

6 Banjir Besar yang Pernah Terjadi di Seluruh Dunia Ilustrasi banjir. (Pixabay)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Di tengah tingginya intensitas curah hujan yang melanda sejumlah daerah, masyarakat diimbau untuk selalu waspada khususnya mereka yang tinggal di wilayah rawan banjir. Selain disebabkan faktor alam, banjir juga kerap terjadi karena faktor kelalaian manusia. Seperti membuang sampah sembarangan, kurangnya sistem drainase, hingga penebangan pohon secara ilegal. Sejumlah dampak yang ditimbulkan dari peristiwa menyedihkan ini pun beragam, mulai dari kehilangan tempat tinggal, lumpuhnya perekonomian, hingga meninggal dunia. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini 6  banjir besar yang pernah terjadi di seluruh dunia.

1. , Amerika Serikat

Hujan yang terjadi pukul tiga sore menyebabkan banjir besar di Johnstown pada 31 Mei 1889. Selain itu imbas dari guyuran hujan yang berlangsung selama beberapa hari mengakibatkan kehancuran sebuah bendungan di Danau Conemaugh, Pennsylvania.

Runtuhnya puing-puing bendungan setinggi 40 kaki itu melepaskan sekira 16 juta ton air.

Satu jam kemudian, gelombang besar menghantam Johnstown dan meluluhlantakkan sekitar 1.600 bangunan.

Lebih dari 2.200 orang meninggal dan ribuan orang lainnya terluka. Peristiwa itu juga membuat mereka kehilangan tempat tinggal.

2. , China

Banjir paling parah dalam sejarah China terjadi pada musim panas 1931. Insiden itu lantaran hujan lebat, pencairan salju, dan tujuh badai siklon pada saat yang bersamaan.

Pada Agustus di tahun itu, Sungai Kuning, Sungai Huai, dan Sungai Yangtze meluap dan membanjiri daerah yang lebih besar dari dataran Inggris. Ribuan orang kehilangan nyawa karena tenggelam selama fase awal banjir.

Tetapi lebih banyak lagi korban yang selamat dengan keadaan lapar disusul wabah penyakit seperti demam tifoid, disentri, dan kolera. Menurut laman Ensiklopedia Britannica, Sungai Yangtze juga pernah mengalami kejadian serupa pada tahun 1870, 1954, 1998, 2010, dan 2020. Tapi tidak ada yang mengalahkan musibah banjir 1931 ini.

Menurut beberapa sumber, disebutkan 3,7 juta jiwa tewas akibat banjir Sungai Yangtze pada 1931.

3. , Eropa

atau The Great Drowning of Men diakibatkan oleh ganasnya badai Laut Utara yang melanda Eropa pada pertengahan Januari 1362.

Badai tersebut pertama kali dirasakan oleh Inggris. Kerusakan lebih parah menimpa Belanda, Jerman, dan Denmark yang mengalami terjangan gelombang dahsyat.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO