10 Negara Teraman di Dunia, Ada Wakil Asia Tenggara

10 Negara Teraman di Dunia, Ada Wakil Asia Tenggara Ilustrasi Singapura (Pixabay)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Hidup di lingkungan yang aman tentu akan menjadi idaman setiap orang. Selain itu tinggal pada situasi nyaman juga akan memudahkan Anda untuk tumbuh dengan lebih baik serta sejahtera.

Oleh karena itu, Global Peace Index (GPI) atau Indeks Perdamaian Global membuat peringkat dari 163 negara di dunia mana saja yang termasuk teraman serta tingkat bahayanya. Seperti yang dikutip dari World Population Review, GPI telah menilai setiap negara dengan 23 indikator seperti tingkat ketidakpercayaan, ketidakstabilan politik, potensi aksi teroris, jumlah konflik kekerasan internal dan eksternal, jumlah pembunuhan, bahkan pengeluaran militer sebagai persentase dari PDB.

BACA JUGA:

Berikut, 10 versi Global Peace Index (GPI)

1. Jepang

Negara Sakura telah masuk di 10 negara teratas Global Peace Index (GPI) selama 14 tahun berturut-turut. Selain tingkat kejahatan yang rendah, kerusuhan politik yang hampir tidak ada di Jepang membuatnya menjadi salah satu .

2. Singapura

Singapura menjadi satu-satunya wakil dari Asia Tenggara yang menempati posisi 10 besar atau peringkat kesembilan dalam GPI di 2022, Tingkat kriminalitas di negara dengan simbol ikan dan singa sangatlah rendah. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh hukuman berat yang dikeluarkan negara tersebut untuk kejahatan sekecil apapun. Pihak berwenang disana juga mengontrol secara ketat penggunaan senjata api.

3. Republik Ceko

Di urutan selanjutnya ada Republik Ceko. Tingkat pidana di negara yang dulunya bagian Cekoslowakia tersebut kian menurun secara signifikan selama bertahun-tahun. Kejadian bencana alam dan terorisme di Ceko tergolong rendah.

Selain itu, di negara yang masuk Uni Eropa pada 2004 ini juga banyak menyediakan rumah sakit bersih dengan sistem asuransi kesehatan yang dikelola negara, sehingga biayanya terbilang murah.

4. Slovenia

Di urutan ketujuh ada Slovenia. Tingkat keamanan di negara Slovenia sangatlah tinggi. Baik itu dari segi risiko medis, keselamatan di jalan, hingga keamanan perjalanan. Kini, negara yang terletak di Eropa Tengah tersebut berfokus pada peningkatan kualitas hidup di berbagai bidang termasuk keselamatan

5. Portugal

Portugal menempati urutan keenam dalam daftar . Negara asal superstar sepak bola Cristiano Ronaldo ini memiliki petugas kepolisian yang dipersenjatai.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO